Dispora berikan apresiasi
Atlet tetap latihan Dalam bulan Ramadhan

Dispora Kalsel sangat mengapresiasi semangat para atlet yang akan tampil di PON XX Papua tahun 2021, dengan tetap berlatih meskipun menjalankan ibadah puasa

Banjarmasin, KP – Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga0 Provinsi Kalimantan Selatan, Fitri Hernadi menyatakan sangat mengapresiasi semangat yang ditunjukkan atlet-atlet banua yang akan berlaga di PON XX Papua tahun 2021, dengan tetap menjalankan latihan meski menjalani ibadah puasa Bulan ramadhan 1442 Hijriyah.

Menurut Fitri atas nama Kadispora H Hermansyah di Banjarmasin Senin (19/4/2021), sebagai seorang muslim yang taat, puasa adalah kewajiban, sebagai atlet juga memiliki kewajiban untuk menjalankan latihan guna menunjang pencapaian prestasi terbaik.

‘’Namun tentunya harus dalam batas-batas tertentu, jangan sampai berakibat terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, terganggunya kesehatan para atlet tersebut, disinilah peranan pelatih menjadi sangat penting untuk selalu memantau dan mengevaluasi perkembangan kesehatan atlet-atletnya,’’ lanjut Fitri.

Menurut Fitri, bulan suci Ramadan yang mengharuskan atlet muslim tetap melaksanakan ibadah berpuasa tentunya tak menghalangi agar atlet tetap berlatih sebaik-baiknya .

Tentunya dengan memperhatikan kondisi tubuh dan tetap menjaga protokol kesehatan. “Artinya, kinerja tak boleh menurun, kondisi badan tetap fit dan itu memerlukan penyesuaian-penyesuaian latihan. Dan sekali lagi, diharapkan tak ada penurunan prestasi,” ucapnya.

Karena bagaimana pun kondisi puasa, perjuangan tetap berlanjut. Pola latihan, situasi ini sudah terbiasa di Kalsel.

Berita Lainnya
1 dari 358

Jadi, menurutnya, para pelatih juga punya porsi latihan yang menyesuaikan, apakah dilakukan pada waktu puasa, pada malam setelah terawih, apa virtual atau mandiri semua dilakukan terukur, terprogram dan bisa mempertahankan kondisi atlet.

Dijelaskan pula bahwa Dispora Kalsel, akan selalu memantau dan mengevaluasi progress latihan yang dilakukan atlet-atlet banua yang akan diterjunkan ke PON XX Papua.

Karena itu, menurut Fitri Hernadi, para atlet disarankan agar selalu serius berlatih meskipun kondisi pandemic covid-19 masih membatasi latihan tidak bisa optimal.

Meskipun porsi latihan lebih banyak dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing, namun para atlet yang telah mendapatkan pedoman dari pelatih masing-masing, tetap melakukannya dengan serius, agar hasil latihan bisa maksimal.

Kita harapkan dengan latihan mandiri, tetap semangat dan mampu mencapai hasil yang maksimal agar nantinya dapat mengharumkan nama banua di kancah olahraga multi event di Tanah Papua.

‘’Biarlah para atlet dan pelatih berlelah-lelah latihan dengan metode dan tehnik yang tepat, karena diharapkan nantinya bisa mendapatkan hasil maksimal dengan prestasi bagi olahraga banua,’’ kata Fitri.

Dia juga menyarankan agar dalam melakukan latihan mandiri di rumah masing-masing, maupun secara terjadwal latihan bersama-sama, para atlet dan pelatih diminta untuk selalu mematuhi protocol kesehatan, yakni selalu mengenakan masker, menjaga jarak dan hindari keramaian, serta selalu mengkonsumsi suplemen yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. (nets/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya