Hasil Tes Berbeda, Ini Penjelasan Kadinkes Banjarbaru

Banjarbaru,KP- Minggun(18/04/2021) Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru Rizana Mirza menjelaskan terkait adanya sebeb berbedanya hasil tes Swab PCR Covid-19 yang baru saja dijalani 5 anggota DPRD Kota Banjarbaru.

Dimana dari hasil tes swab yang dikeluarkan oleh BBTKLPP milik pemerintah berbeda dengan hasil swab PCR yang dilakukan di dua lab swasta setempat.

“Untuk hasil PCR mungkin saja terjadi perbedaan tapi ini bukan kompetensi saya menilai terkait benar dan salah. Namun oleh Pemerintah provinsi ditetapkan jika Kota Banjarbaru, Kabupaten Tabalong, HSU, dan kabupaten Balangan, menggunakan laboratorium pemeriksaan di BBTKLPP. BBTKLPP ini punya pemerintah, hasil itu yang kita gunakan,” ucapnya.

Berita Lainnya
1 dari 629

Rizana pun menerangkan sederet kemungkinan penyebab perbedaan hasil tes Covid-19. Ada kemungkinan seseorang yang awalnya ditetapkan positif lalu beberapa hari kemudian mereka periksa di klinik dan hasilnya negatif karena pada saat pemeriksaan yang positif pertama tadi sebagai hari terakhir dia terinfeksi Covid-19. Sehingga pada waktu pemeriksaan kedua dan ketiga di lab swasta menunjukkan hasil negatif. Menurutnya, hal tersebut mungkin saja terjadi.

Lanjutnya, faktor lain yakni cara pengambilan sampel yang salah. Tentu memengaruhi hasil positif negatif, kemudian juga cara penyimpanannya, dan cara pengolahannya. Diketahui jika Pemerintah Provinsi Kalsel juga turun tangan terkait kejadian tersebut dan menunggu hasil audit Pemprov.

“Oleh pemerintah provinsi sedang dilakukan semacam audit atau istilahnya proses proposition yaitu melakukan uji kualitas kontrol. Kita tunggu hasilnya,” Jelasnya. (dev/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya