Konsep Islami, Pemkab HSS Berencana Renovasi Gerbang Batas HST

Kandangan, KP – Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), berencana melakukan renovasi pada gerbang masuk perbatasan daerah dengan penambahan konsep islami, yang menggambarkan identitas daerah.

Gerbang yang rencananya akan direnovasi, yakni di Jalan Ahmad Yani perbatasan dengan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Upaya mencari masukan, saran dan pendapat dalam rangka penyempurnaan rencana tersebut, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) Kabupaten HSS melaksanakan ekspose, Kamis (29/4/2021) di Aula Rakat Mufakat Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten HSS.

Kepala Dispera KPLH Kabupaten HSS Ronaldy Prana Putra menyampaikan, renovasi gerbang perbatasan lebih fokus pada bagian atas dan beberapa pada bagian sayap kanan dan kiri. 

Hasil renovasi, akan menggabungkan konsep awal desain gerbang dengan konsep islami. Pada gerbang nantinya, dilengkapi dengan tulisan ‘Bismillahirrahmanirrahim’ dan ‘Alhamdulillahirabbil alamin’ dengan huruf arab.

Desain terinspirasi dari lambang Kabupaten HSS, dengan menonjolkan bagian atas dari Masjid Suada yang bertingkat tiga. Tiga tingkat melambangkan keagamaan yang sudah menjadi watak, kerukunan, serta musyawarah.

Berita Lainnya
1 dari 471

“Banyak masukan dan saran telah kita terima yang insya Allah akan kita tindak lanjuti segera dan diperbaiki bersama para konsultan, dan perbaikan akan kembali kita ajukan terkait dengan bentuk dan hal lainnya,” ucapnya.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, gerbang perbatasan merupakan hal penting sebagai tanda bagi orang yang masuk ke Kabupaten HSS. 

Bupati Achmad Fikry berharap, ada masukan untuk penyempurnaan rencana pembangunannya, sehingga gerbang itu betul-betul bisa menjadikan simbol pintu masuk Kabupaten HSS.

Ia berpesan, jika pembangunannya jadi dilaksanakan untuk memakai bahan dengan kualitas terbaik.

“Kalau nantinya ingin dibangun juga, gunakanlah kualitas yang terbaik, bahan-bahan yang terbaik agar orang lalu-lalang dapat memandang keindahannya,” pesannya.

Saran, pertimbangan atau masukan dari peserta ekpose tersebut akan dibahas lagi oleh tim khusus.

Ekspos rencana renovasi gerbang perbatasan itu turut dihadiri Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah Muhammad Noor, serta para Staf Ahli, Asisten, dan Kepala SOPD. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya