Pasca Banjir Perbaikan Jalan Rusak Diminta Skala Prioritas

Banjarmasin KP – Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Tugiatno meminta, agar Pemko melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) memprioritaskan perbaikkan jalan dengan kondisi rusak parah.

“Bukan sebaliknya, jalan masih mulus yang malah diperbaiki. Itu namanya mubazir dan anggaran yang dialokasikan tidak tepat sasaran,” kata Tugiatno.

Kepada { KP} Jumat (23/4) ia mengatakan, pemeliharaan dan perbaikan jalan harus diprogramkan setiap tahun, mengingat akibat berbagai faktor dipastikan selalu ada jalan mengalami kerusakan.

Baik katanya melanjutkan, disebabkan karena faktor alam, sering dilalui angkutan berat hingga tidak adanya saluran pembuangan air atau drainase sehingga membuat jalan cepat mengalami kerusakan.

“Terakhir akibat musibah banjir yang terjadi pertengahan Januari lalu, “ujarnya.

Kendati ia mengakui, dengan keterbatasan anggaran tidak mungkin kerusakan jalan tersebut diperbaiki sekaligus, sehingga harus berdasarkan skala prioritas.

Berita Lainnya
1 dari 2.770

Unsur pimpinan dewan dari F-PDIP ini mengemukakan, sebelum banjir menurut data di DPUPR seluruh jalan di Kota Banjarmasin sepanjang 751,81 Km.

Dari total seluruh jalan itu ujarnya, 254,13 Km dinyatakan dalam kondisi baik, 359,95 Km sedang, 128 Km rusak ringan dan hanya 9,21 Km yang diklaim dalam kondisi rusak berat.

“Namun setelah Kota Banjarmasin dilanda musibah banjir pertengahan bulan awal tahun ini diketahui kerusakan jalan dilaporkan bertambah, ” kata Tugiatno.

Disebutkan umumnya kerusakan jalan baik ringan dan berat itu adalah jalan lingkungan . Laporan kerusakan jalan lingkungan ini setidak dikeluhkan warga pada setiap anggota dewan melaksanakan kegiatan reses,.

Terkait usulan warga untuk perbaikan jalan lingkungan saat reses ini, Tugiatno mengharapkan direalisasikan Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Banjarmasin pada 2021 ini.

Disebutkan, jalan rusak pasca banjir itu sebelumnya sudah terlebih dahulu masuk usulan saat reses sehingga harus mendapat prioritas perbaikan.

Ia pun meminta, pihak terkait dalam hal ini Dinas PUPR Banjarmasin turun ke lapangan mengecek kondisi jalan warga serta usulan hasil reses kemarin diawasi benar-benar oleh wakil rakyat Banjarmasin.“Saya juga mengimbau masyarakat turut berpartisipasi mengawasi perbaikan jalan atas usulan warga saat reses dewan tersebut,” demikian kata Tugiatno. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya