Pencairan Bonus Kafilah Terhalang Regulasi

Banjarmasin, KP – Bonus berupa uang pembinaan bagi kafilah asal Kota Banjarmasin yang berhasil meraih juara dalam perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tahun 2021 di Kabupaten Tanah Bumbu rupanya masih belum bisa dicairkan.

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin, Subhan Noor Yaumil mengatakan, hal itu diakibatkan belum adanya regulasi yang dikeluarkan Pemerintah (Pemko) Banjarmasin mengenai pemberian bonus tersebut.

“Saat ini meang nota dinas sudah masuk ke kita. Tapi untuk mengakomodir itu perlu adanya regulasi yang datangnya dari Bagian Kesra,” ucapnya saat ditemui awak media di lobby gedung Balai Kota Banjarmasin, Selasa (27/04) siang.

Ia menjelaskan, regulasi yang dimaksudnya itu berupa Surat Keputusan (SK) atau Peraturan Wali Kota Banjarmasin yang diproses oleh dinas teknis terkait jika Pemerintah Kota (Pemko) tidak ada mengatur pemberian bonus bagi masyarakat sebagai bentuk penghargaan.

“Jadi kami minta Bagian Kesra sesegeranya membuat regulasi yang berkaitan dengan dasar pemberian bonus bagi kafilah MTQ,” ujarnya.

Saat ditanya mengenai jumlah uang pembinaan untuk para kafilah, pria dengan sapaan Subhan itu mengaku tidak mengingat secara rinci berapa besar anggaran yang akan dikeluarkan Pemko sebagai bonus.

“Yang pasti jumlahnya besar,” ujarnya singkat.

Menurutnya, besar anggaran yang dikeluarkan sebagai bonus bagi kafilah yang meraih juara akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan yang dimiliki daerah.

“Jumlah yang tercantum di nota dinas itu baru berupa usulan dari mereka (Bagian Kesra). Kami akan melihat lagi, sudah ada atau tidak bonus itu dianggarkan. Intinya tinggal dibikin regulasinya dulu agar bisa di cairkan,” pungkasnya.

Disamping itu, salah seorang kafilah yang tidak ingin disebut namanya mengaku tidak menaruh harapan besar dengan bonus yang diberikan atas prestasi yang ia toreh di MTQ tersebut.

Apalagi saat mengetahui belum ada kejelasan terkait besaran bonus yang akan didapatnya nanti.”Yaa biar lah mereka (pejabat Pemko) yang mengaturnya. Kami tidak terlalu berharap banyak. Ada bonus alhamdulillah, kalau tidak ya tidak apa-apa,” ungkapnya lesu.

Berita Lainnya
1 dari 2.770

Ia menekankan, bahwa tujuan utama dirinya beserta teman-teman yang lain mengikuti lomba tidak lain adalah untuk dakwah dan menyemarakkan nilai-nilai keislaman di masyarakat.

“Kemenangan dan bonus uang pembinaan dari Pemko itu hanya tambahan saja,” tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian (Kabag) Kesra, Setda Kota Banjarmasin, M Isa Ansari menerangkan, ada 42 kategori kejuaraan di MTQ ke 33 yang dimenangkan kafilah Banjarmasin.

Dengan rincian 20 kategori (19 perorangan dan 1 grup) yang meraih Juara 1. Kemudian 10 kategori (9 perorangan dan 1 grup) mendapat Juara 2, dan Juara 3 yang dimenangkan oleh empat kategori lomba perorangan.

Selain itu, kafilah Banjarmasin juga mendapat juara Harapan 1 di lima kategori perlombaan (4 perorangan dan 1 grup), juara Harapan 2 yang datang dari dua kategori lomba perorangan. Kemudian juara Harapan 3 untuk dari satu kategori lomba perorangan.

“Hampir lebih dari 70 persen lomba di MTQ Tanbu alhamdulillah kita menangkan. Seluruh Kafilah yang masuk final alhamdulillah juara semua,” ungkapnya.

Mengenai bonus, ia menerangkan bahwa saat ini pihaknya tengah memproses pencairannya di Bakeuda, sehingga bonus bagi kafilah yang berhasil meraih juara dalam perhelatan akbar yang dilakukan secara daring tersebut bisa segera selesai.

“Mudah-mudahan, prosesnya bisa cepat,” ungkapnya saat ditemui awak media di lobby gedung Balai Kota Banjarmasin.

Lantas berapakah bonus yang bakal diterima para kafilah yang sudah membawa nama Ibukota Kalimantan Selatan ini menjadi Juara Umum MTQ?

Terkait hal itu, ia menjelaskan bahwa besaran nominal bonus berupa uang pembinaan yang bakal diberikan juga masih dalam penghitungan oleh Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin.

“Apakah bertambah, sama atau malah berkurang dari bonus yang diterima para kafilah di MTQ tahun 2019 lalu. Kami masih menunggu kajian berapakah besarannya. Intinya, insyaa Allah bonus itu ada,” tandasnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya