Pramuka Terjunkan Satgas Bantu Pengamanan Lebaran


Puluhan anggota pramuka dari berbagai Kwartir Ranting (Kwarran) se Kalsel nantinya akan saling bekerjasama dan tahun ini untuk Banjarmasin ditempatkan samping Duta Mall, menyusul adanya larangan mudik pemerintah


BANJARMASIN, KP – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah, memastikan akan menerjunkan satgas dari Kwarda untuk membantu pengamanan lebaran secara berkelompok.


Tujuan melibatkan Satgas bersama Pengurus Kwarda Kalsel ini dalam pengamanan lebaran ini meskipun pemerintah melarang mudik, selain untuk membantu masyarakat dan menjaga sekaligus mengedukasi semua warga untuk tetap mematuhi prokes kesehatan di masa pendemi sampai sekarang ini, ujar Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah yang disampaikan Pengurus Harian Pramuka Kalsel H Rusli didampingi Wakilnya Zainal, usai buka puasa, di Gedung Pramuka Banjarmasin, Kamis (22/04/2020).


Dihadapan para Satgas dan pengurus Kwarda Kalsel, Rusli yang sehari-hari Kepala Biro Umum, Pemprov Kalsel mengatakan satgas tersebut selain akan turun sesuai Prokes juga mereka akan menyediakan Takjil di Posko samping Duta Mall H-7 sampai H + 7 yang diharapkan membantu menciptakan ketertiban keamanan meskipun pemerintah melarang mudik Lebaran.


Rusli secara kelembagaan mengapresiasi para pengurus Pramuka dan Satgas Pramuka Kwarda Kalsel yang peduli dan menyalur bantuan yang secara langsung ke lokasi pengungsian korban terdampak banjir serta menjadikan Gedung Pramuka menjadi Posko pengungsian selama 19 hari juga difungsikan dafpur umum.

Berita Lainnya
1 dari 3.189


Ini membuktikan Pramuka diminta atau tidak tetap terus membantu bagi yang membutuhkan uluran tangan," ujar Rusli lagi. Sedangkan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan H Zainal Abidin yang didampingi bendahara Hj Hidayati mengatakan puluhan anggota pramuka dari berbagai Kwartir Ranting (Kwarran) se Kalsel nantinya akan saling bekerjasama dan berpartisipasi dalam kegiatan Posko Satgas Pramuka.

“Untuk tahun ini memang ditempatkan samping Duta Mall, menyusul adanya larangan mudik pemerintah,’’ katanya.


Jadi, H-7, Posko Satgas Pramuka ini dan pada pukul 17.00 disediakan Takjil dan sehubungan musim Covid mereka bisa mengambil tanpa harus dibagikan apakah Tukang Ojek, Becak, hingga warga biasa bisa mengambil selama persedian masih ada. Hal ini untuk membantu para pemudik dan pengguna jalan yang lain yang ada di sekitar Jalan A. Yani Banjarmasin.
Bahkan kegiatan ini diharapkan merupakan salah satu sarana untuk memupuk jiwa kepedulian Pramuka.

“Pada saat orang sedang asyik jalan-jalan dengan keluarga, dengan teman-teman ke tempat-tempat rekreasi dan bersilaturrahmi ke tempat keluarga, Pramuka peduli hadir meluangkan waktu untuk membantu kelancaran arus mudik dan arus balik serta kelancaran pengguna jalan lainnya,” katanya.


Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah melalui Zainal berpasan kepada adik-adik pramuka peduli terutama adik-adik yang bertugas agar selalu berhati-hati dan konsentrasi saat melaksanakan tugas dan tetap memakai Prokes.


Ia juga bergarap saat bertugas agar selalu berkoordinasi dengan ketua satgas dan minimal berdua dengan teman yang lain, jangan sampai sendirian sebagai bagian dari bodi sistem serta selalu berusaha menjaga nama baik pramuka dan atribut kepramukaan.

“Jaga keselamatan diri dan jaga keselamatan dan kenyaman orang lain,’’ katanya. (vin/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya