Iklan
Iklan
Iklan
Barito Timur

RSUD Tamiang Layang Tambah Kapasitas Ruang Isolasi Perawatan COVID -19

×

RSUD Tamiang Layang Tambah Kapasitas Ruang Isolasi Perawatan COVID -19

Sebarkan artikel ini
Direktur RSUD Tamiang Layang dr.Vinny Safari. (kp/ist)

Tamiang Layang, KP – Pemerintah Kabupaten Barito Timur menambah kapasitas ruang isolasi perawatan pasien COVID-19 pada RSUD Tamiang Layang.

“Penambahan ruang isolasi ini sebagai antisipasi untuk menampung pasien COVID-19 jika terjadi peningkatan,” kata Direktur RSUD Tamiang Layang, dr Vinny Safari di Tamiang Layang, Sabtu (24/4/2021)

Android

Rencana penambahan muncul setelah berkoordinasi dengan Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bartim, bahwa ruang isolasi perawatan RSUD Tamiang Layang sudah penuh, sehingga membutuhkan ruang baru.

Selain itu, jika terjadi lonjakan penambahan pasien COVID-19 bergejala berat yang diperkirakan masih akan terus bertambah dan meningkat. Jiak dilakukan penggabungan maka akan over capacity dan tidak diperkenankan perawatan pasien COVID-19 menumpuk pada satu ruangan.

Ruang Nifas, Asoka Dan Melati dipersiapkan untuk dijadikan sebagai ruangan penambahan untuk ruang isolasi perawatan COVID-19, sehingga daya tampung pasien COVID-19 bergejala berat akan teratasi.

“Demikian pula dengan perawatan pasien COVID-19 bergejala berat, bisa dirawat maksimal,” kata Vinny.

Tambahnya, bangunan ruang inap yang baru selesai akhir tahun 2020 tadi juga menjadi alternatif untuk menampung pasien suspek COVID-19 sampai ada hasil tes COVID-19. Ini merupakan upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Tidak mungkin pasien suspek digabung perawatannya dengan pasien umum, jika sudah ada hasil laboratorium RT-PCR, baru dilakukan tindakan lanjutan,” kata Vinny.

Dijelaskan dr Vinny, jika hasil pasien suspek keluar dengan terkonfirmasi positif COVID-19 maka akan dipindahkan ke ruang isolasi perawatan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut sesuai kategorinya, apakah simptomatik berat atau sedang, atau asimptomatik. (vna/k-10)

Iklan
Iklan