Serap Aspirasi, Dewan Sosialisasikan Cegah Covid-19

Banjarmasin, KP – Mengemban tugas di tengah pandemi wabah virus corona (Covid-19), anggota DPRD Kota Banjarmasin melaksanakan reses tetap mengikuti anjuran pemerintah dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bahkan, agenda untuk menyerap aspirasi masyarakat ini, anggota dewan mengingatkan agar selalu memakai masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak dalam setiap bersosialisasi.

Seperti hari pertama pelaksanaan reses anggota dewan daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Banjarmasin Utara, Kamis (1/4/2021).

Reses yang berlangsung di aula kantor Kecamatan Banjarmasin Utara itu, aspirasi para konstituen tidak disampaikan secara lisan, melainkan tertulis dan diserahkan kepada anggota dewan selaku wakil mereka dengan harapan aspirasi disampaikan direalisasikan.

Dalam pelaksanaan reses anggota dewan juga menyerapkan aspirasi masyarakat tidak dilakukan serentak tetapi bergiliran . Untuk satu sesi pertemuan sekitar 15 menit dengan tiga anggota dewan yang menemui konstituen.

Taufik Husin menegaskan, di tengah masih mewabahnya virus corona menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak haruslah menjadi kebiasaan warga.

” Ini kita lakukan selain guna mengantisipasi agar tidak terpapar virus covid-19, tapi juga untuk memutus mata rantai penyebaran wabah penyakit itu,” ujar anggota dewan dari Fraksi PDIP dapil Kecamatan Banjarmasin Utara ini di hadapan konstituennya.

Hal senada juga dikemukakan Sukhrowardi anggota dewan dari Fraksi Partai Golkar. Ia mengatakan, disamping kewajiban dewan dalam menyerap aspirasi warga pada reses kali ini, pihaknya juga berkesempatan memberikan sosialisasi kepada konstituen terkait penanganan dan pencegahan Covid-19.

Berita Lainnya
1 dari 3.201

Apalagi tandasnya, wabah virus corona hingga kini masih terus mengancam, sehingga moment ini sebuah kesempatan untuk memberikan pemahaman kepada warga betapa pentingnya melakukan pencegahan terhadap ancaman virus yang sudah banyak menelan korban jiwa itu.

Sementara menyinggung aspirasi disampaikan anggota dewan dari Kecamatan Banjarmasin Utara lainnya, M Isnaeni, Bambang Yanto Permono, Zainal Hakim, Hari Kartono dan Ismael Iberahim mengungkapkan, umumnya aspirasi disampaikan terkait usulan perbaikan infrastruktur.

Masalahnya, karena masih banyak jalan, jembatan dan dan jalan berupa titian di wilayah Kecamatan Banjarmasin Utara ini yang menuntut untuk segera dilakukan perbaikan.

” Terlebih pasca musibah banjir dialami kota Banjarmasin pada pertengahan Januari lalu, banyak ruas jalan di wilayah Kecamatan Banjarmasin Utara mengalami kerusakan tambah parah,” kata Taufik Husin dan Zainal Hakim.

Usulan sama juga disampaikan warga Kelurahan Seberang Mesjid , saat anggota dewan dari dapil Kecamatan Banjarmasin Tengah reses hari kedua Jumat (2/4/2021).

Menurut Matnor Ali, selain perbaikan jalan dan jembatan aspirasi disampaikan warga Seberang Mesjid soal perbaikan dan drainase.” Selain itu warga memohon bantuan permodalan untuk pengembangan UMKM di kelurahan tersebut,” kata Wakil Ketua DPRD Banjarmasin ini.

Menyikapi aspirasi sampaikan, Matnor Ali mengatakan, akan menjadi perhatian pihaknya sebagai wakil rakyat untuk nantinya direalisasikan.

Setelah sebelumnya nanti melalui pokok-pokok pikiran (pokir) yang diusulkan dewan melalui perencanaan Musrembang tahun 2022.

” Dengan harapan pokir atas aspirasi disampaikan warga ini direalisasikan dalam perencanaan pembangunan infrastruktur tahun 2023 nanti,” kata Matnor Ali. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya