HSS Peringati HUT ke-72 Proklamasi 17 Mei 1949 Secara Sederhana

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-72 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, Senin (17/5/2021) di halaman Kantor Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten HSS.

Upacara peringatan peristiwa proklamasi 17 Mei 1949 itu dilaksanakan secara sederhana dengan undangan terbatas, serta penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Bupati HSS Achmad Fikry mengatakan, ini merupakan tahun kedua melaksanakan upacara HUT Proklamasi 17 Mei secara sederhana akibat pandemi Covid-19.

“Sebagai tempat peristiwa (proklamasi 17 Mei) kita wajib melaksanakan peringatan, sebagai wujud penghormatan kepada pejuang,” ucap Achmad Fikry.

Sebelum pandemi, peringatan dilakukan dengan partisipasi se-Kalsel bahkan se-Kalimantan. Biasanya dirangkai dengan event napak tilas teks proklamasi 17 Mei, dengan peserta dari berbagai daerah di Kalimantan.

Berita Lainnya
1 dari 573

Bupati Fikry berpesan, momentum peringatan itu diisi dengan mengenang perjuangan para pejuang, dan menjadikannya panutan dalam mengisi pembangunan masa kini.

Ia mengimbau, generasi penerus untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), melanjutkan perjuangan membangun daerah dan mempererat tali persatuan kesatuan bangsa.

Achmad Fikry mengungkapkan, dalam melanjutkan semangat perjuangan, pihaknya juga telah memberikan tali asih kepada para veteran dan janda veteran sebelum lebaran idul fitri 1442 Hijriah lalu.

Peristiwa 17 Mei 1949, Brigjend Hasan Basry membacakan teks proklamasi di Dusun Niih, bahwa Kalimantan adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebab, perjanjian linggarjati hanya menyatakan Pulau Jawa.

“Alhamdulillah, berkat perjuangan pejuang masyarakat kita mengantarkan pada kemerdekaan yang bisa dirasakan saat ini,” ucapnya.

Upacara peringatan HUT ke-72 Proklamasi 17 Mei tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, Ketua DPRD HSS Akhmad Fahmi, Kapolres HSS AKBP Siswoyo, Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, Ketua PN Kandangan Yunto Safarillo Hamonangan Tampubolon, Sekretaris Daerah Muhammad Noor dan para Kepala SOPD. (tor/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya