Jalin Kerjasama Pemasaran Karet Pemkab Tabalong Kunjungi PT Bumi Jaya

Tanjung, KP – Untuk pemasaran karet masyarakat di Kabupaten Tabalong, Tim yang tergabung dalam Program Gerakan Masyarakat Meningkatkan Mutu Karet (Gemas Mekar) melakukan kunjungan ke PT Bumi Jaya Kasiau.

Pertemuan dengan pihak manajemen PT Bumi Jaya Kasiau belum lama tadi tersebut langsung dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tabalong Drs H Abdul Muthalib Sangadji M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Yuhani serta Kadisperindag Tabalong, Husin Ansari.

Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, Saleh mengatakan yang punya gudang ada 16, dan yang sudah kerjasama ada 10 tapi beberapa bulan ini yang melakukan pindah ke lain karena tidak bisa mempertahankan mutunya dan pihaknya kali ini melakukan pertemuan dengan pihak pabrik dalam rangka meningkatkan pemasaran bokar. “Tetap meneruskan kerjasama dengan program Gemas Mekar yang dicanangkan Bupati Tabalong pada tahun 2014, kita melanjutkan melalui kerjasama UPPB yang ada di Tabalong,” ujarnya.

“Dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) ini nanti bisa lebih banyak lagi Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) Tabalong yang menjual karetnya langsung ke Bumi Jaya, UPPB tidak lagi menjual bokarnya ke luar daerah,” ungkap Soleh seraya berharap kalau bisa jangan lagi menjual bahan produknya keluar daerah, karena di Kabupaten Tabalong sudah punya pabrik (Bumi Jaya).

Berita Lainnya
1 dari 263

Sementara itu, Purchasing Raw Material Manager PT Bumi Jaya Tony Chandra mengharapkan UPPB yang bermitra semakin bertambah. “Selain itu volume bokar yang dihasilkan semakin meningkat dan lebih bersih, itu sangat kita harapkan,” ujarnya.

“Sebagai dukungan PT Bumi Jaya sendiri, kita bisa memberikan harga yang lebih tinggi kalau kualitasnya lebih baik,” demikian ungkap Tony Chandra.

Untuk informasi, selama ini masyarakat masih minim yang menjual karetnya ke pabrik karet PT Bumi Jaya, meskipun pabrik tersebut berada di Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak dan mudah dijangkau dari seluruh penjuru Tabalong.

Berdasarkan data dari Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Tabalong tercatat hanya 10 UPPB yang bekerjasama dengan PT Bumi Jaya dari 33 UPPB yang ada di Kabupaten Tabalong. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya