Masyarakat dan TNI Bersihkan Aliran Sungai Barabai Dari Sampah

Barabai, KP -Bersama Warga Desa Pajukungan Kecamatan Barabai  dan warga Durian Gantang Kecamatan Labuan Amas Selatan, BPBD HST, Dinas LH Kabupaten Hulu Sungai Tengah HST dan relawan, anggota Kodim 1002/Barabai dipimpin langsung oleh Danramil 1002-06/Barabai Kapten Inf Rudi Hartono bahu-membahu membersihkan tumpukan sampah dan ranting pohon di sungai Barabai, Sabtu (15/5/2021).

Meski masih dalam suasana lebaran Idul Fitri, tidak menyurutkan semangat warga di dua desa tersebut bergotong royong membersihkan tumpukan sampah dan tumpukan batang kayu yang kebanyakan dari batang bambu/paring yang menyebabkan menutupi arus sungai di pajukungan.

Pembakal Pajukungan Rusdiansyah mengatakan bahwa pembersihan sungai ini murni gotong royong dan kepedulian warga dalam mengantisipasi hal yang tidak diinginkan yaitu, terjadinya Banjir,” ucapnya.

Alhamdulillah hari ini kita mendapat bantuan dari TNI (Kodim 1002/Barabai), BPBD Kabupaten HST dan Dinas LH .HST, dan juga anggota polri, semoga dengan kita bergotong royong membersihkan sampah ini, aliran sungai dapat kembali lancar tanpa adanya tumpukan sampah dan air mengalir dengan deras tanpa ada yang menghalangi,” imbuhnya.

Berita Lainnya
1 dari 512

Sementara itu Plh.Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten HST Hiriyani menyambut baik kegiatan pembersihan sungai yang dilakukan secara bersama-sama oleh warga masyarakat Pajukangan, Durian Gantang dan relawan yang bersinergi dengan TNI-Polri, BPBD dan Dinas LH HST, dengan harapan Sungai dapat kembali mengalir dengan lancar,” ucapnya.

Sedangkan Danramil 1002-06/Barabai Kapten Inf Rudi Hartono mengatakan bahwa keterlibatan TNI dalam pembersihan sampah di sungai ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada lingkungan dan membantu kesulitan rakyat,” ucapnya.

Lebih lanjut Rudi Hartono menuturkan menghadapi kondisi cuaca yang tidak menentu kami menghimbau kepada warga masyarakat Hulu Sungai Tengah khususnya yang tinggal di bantaran sungai Barabai agar tidak membuang sampah di sungai yang akan mengakibatkan aliran sungai terhambat dan menimbulkan banjir.

Dan apabila hujan yang cukup tinggi warga diharapkan lebih waspada apabila sewaktu-waktu aliran sungai meluap yang berpotensi banjir.”tegas Danramil. (adv/ary/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya