Momentum Harjad HSU
Bupati H Abdul Wahid Dialog Interaktif Dengan Masyarakat

BUPATI HSU - Gelar dialog interaktif. (KP/Ist)

Amuntai, KP – Dalam mengisi rangkain Peringatan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ke 69, Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Drs H Abdul Wahid MM MSi melakukan dialog interaktif dengan masyarakat HSU melalui video Teleconference di Mess Negara Dipa Amuntai.

Sebagaimana diketahui pelaksanaan Harjad yang diselenggarakan belum lama tadi diperingati secara terbatas dengan menerapkan protocol kesehatan yang masih dalam situasi pandemi Covid 19.

Meski demikian hal ini tidak menghalangi kedekatan masyarakat HSU dengan pemimpin daerahnya.

Dalam dialog interaktif saat Teleconference, belum lama tadi, beragam pertanyaan diajukan oleh masyarakat, diantaranya mengenai kegiatan belajar mengajar di HSU secara tatap muka, tentang perekonomian, serta masukan dan saran yang nampak antusias dari masyarakat.

Salahsatu pertanyaan dari masyarakat, Basuki Rahmat yang juga Ketua PGRI Kabupaten HSU menanyakan tentang kegiatan belajar mengajar secara tatap muka yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2021 mendatang, bagaimana tanggapan Pemerintah Daerah serta tentang kesejahteraan guru honorer dan rekrutmen tenaga kependidikan melalui jalur CPNS ataupun PPPK

Terkait dengan rencana pembelajaran tatap muka Bupati H Abdul Wahid menjelaskan bahwa nanti sesuai petunjuk Satgas Penanganan Covid-19 secara tatap muka akan dilaksanakan secara bertahap.

Nantinya akan dilaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka pada 47 sekolah di setiap kecamatan, sekolah ini akan dilihat perkembangannya guna Pemerintah mengambil langkah kebijakan kedepannya.

Namun sebelum itu semua guru dan tenaga kependidikan yang akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka harus di vaksin terlebih dahulu dan siap menyiapkan protokol kesehatan selama proses belajar mengajar, terang bupati.

Sementara terkait dengan kesejahteraan guru Honorer bupati mengatakan Kementerian Pendidikan meminta kepada seluruh daerah untuk menyampaikan usulan rekrutment tenaga kependidikan sebanyak-banyaknya melalui jalur PPPK. Namun dari usulan itu tetap diminta melaporkan analisa kebutuhan daerah.

Berita Lainnya

DPPKB HSU Terima Penghargaan

1 dari 337

Bupati juga menjelaskan bahwa kemungkinan kita akan adakan seleksi CPNS dan PPPK ini di bulan Mei 2021, diperkirakan formasi yang akan dibuka hampir 500 formasi.

Sementara itu untuk kesejahteraan guru honorer pemerintah daerah bersama DPRD akan mengupayakan untuk meningkatkan kesejahteraan guru honorer tersebut.

Namun untuk sementara Wahid meminta untuk kita bersama-sama memahami kondisi pandemi Covid-19 ini mengharuskan pemerintah melakukan realokasi anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19, hal ini tentunya dirasakan oleh seluruh instansi yang di daerah. Oleh karenanya penting bagi kita menyadari untuk bersama-sama menerapkan protokol kesehatan agar situaasi pandemi ini bisa secepatnya kita lewati dan roda pemerintahan kita bisa lebih baik lagi, termasuk kesejahteraan guru honorer ini.

Bupati Wahid meminta kepada guru honorer untuk tetap semangat, persiapkan diri untuk menghadapi seleksi CPNS atau PPPK yang akan datang, sembari pemerintah daerah bersama DPRD mengupayakan untuk peningkatan kesejahteraan guru honorer ini.

Sementara itu, masyarakat lain juga memberikan saran tentang kemajuan perekonomian di daerah, hal tersebut disampaikan Herri Fitriadi yang juga Kepala Sekolah SMKN 2 Amuntai. Herri mengatakan saat ini SMKN 2 Amuntai memiliki program SMK Membangun Desa Mandiri yang merupakan satu-satunya di Kalimantan Selatan.

Untuk Tahap pertama pihaknya bekerjasama dengan Desa Kandang Halang, dalam hal ini pihak SMKN 2 Amuntai dari jurusan tataboga bekerjasama dengan masyarakat Desa Kandang Halang mencoba berinovasi untuk membuat produksi makanan atau minuman berbahan dasar buah lokal, seperti cempedak, hambawang dan binjai. Dan untuk saat yang sudah berhasil kita produksi adalah olahan buah cempedak.

Maka menanggapi hal tersebut, Bupati HSU mengucapkan selamat kepada SMKN 2 Amuntai yang telah mengembangkan kemitraan dan membantu masyarakat membangun desa.

Ini patut kita syukuri dan Pemerintah Daerah akan memberikan apresiasi serta dukungan karena ini merupakan bentuk kreatifitas pendidikan memanfaatkan produk lokal yang bisa memberikan inspirasi dan ujung-ujungnya bisa meningkat kemajuan ekonomi masyarakat, lanjutnya.

“kami sangat berterimakasih dan akan mendukung sepenuhnya program ini, nantinya kami akan juga upayakan untuk mengkomunikasikan deukungan dengan pemerintah Provinsi” ucap Wahid

Pemerintah Kabupaten HSU dengan masyarakat ini dilaksanakan, masyarakat yang ingin bertanya ataupun sekedar memberikan masukan nampak sangat antuasias yang berlangsung dialog interaktif kurang lebih dua jam. (nov/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya