Pemasangan Kabel Semrawut Dikeluhkan Warga

Banjarmasin, KP -Pemasangan kabel listrik maupun telepon seluler dan TV kabel di Kota Banjarmasin dikeluhkan lantaran dinilai semrawut.

“Lihat saja pemasangan berbagai jaringan kabel di kota ini sudah banyak sekali seperti benang yang kusut,'”ujar Ardiansyah salah seorang warga.

Warga lainnya Hendra juga menyebut, kabel yang menggantung sudah terlalu banyak .

Warga yang tinggal di kawasan Jalan Sultan Adam ini mengatakan perlu ada perbaikan agar kabel tak membuat suasana kota semrawut.

Hendra juga berharap kedepan pemasangannya harus melalui mekanisme dan penanganan yang serius karena selain rawan kebakaran, tapi juga sangat berdampak terhadap estetika dan keindahan kota ini.

Sementara anggota komisi III DPRD Kota Banjarmasin Aliansyah meminta, agar pihak Pemko Banjarmasin mengeluarkan regulasi untuk menata pemasangan kabel-kabel semrawut tersebut.

Berita Lainnya
1 dari 3.547

” Karena selain mengganggu pemandangan dan keindahan kota, tapi juga rawan akan terjadinya musibah kebakaran, ` kata Aliansyah kepada {KP} Senin (10/5).

Anggota dewan dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) ini mengakui, jika Pemko belum memiliki regulasi atau Peraturan Daerah (Perda) menyikapi pemasangan kabel listrik, telepon maupun TV kabel tersebut.

Termasuk ujarnya, terkait menyikapi pemasangan kabel yang memanfaatkan tiang listrik dan tiang telepon. Namun demikian kata Aliansyah menyikapi kesemrawutan pemasangan kabel ini setidaknya kedua BUMN itu menertibkan kabel-kabel yang sama sekali tidak ada kerjasama dengan pihak PLN atau Telkom tersebut.

Menurutnya, pihak PLN dan Telkom berhak melakukan penertiban terhadap pemasangan kabel liar yang memanfaatkan tiang listrik dan telepon sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) Nomor : 13 tahun 2013 tentang pemanfaatan jaringan listrik dan telepon.

Pada bagian lain Aliansyah berharap, agar pihak PLN dan Telkom secara bertahap memprogramkan pemasangan instalasi jaringan listrik maupun telpon tidak lagi atas permukaan tanah, tapi terbenam di bawah tanah.

” Biayanya pemasangan memang mahal sih, tapi lebih aman,” tandasnya.

Ia mengemukakan sejumlah negara dimana pemasangan kabel khususnya jaringan listrik dialirkan melalui bawah tanah. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya