Raih Tiga Besar Provinsi
Bumdes Maju Jaya Targetkan Maju ke Tingkat Nasional

Tanjung, KP – Bisa meraih tiga besar Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Bumdes ‘Maju Jaya’ Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong bertekad membenahi diri untuk maju bersaing di tingkat nasional.

Hal itu, diungkapkan pembina Bumdes Maju Jaya Desa Padang Panjang yang juga sebagai Kepala Desa (Kades) Padang Panjang H Sokhidin, Rabu (19/5) di Tanjung.

Menurut H Sokhidin, sesuai dengan arahan Kementerian Pariwisata dan sesuai dengan komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong sejak 2014 lalu, pihaknya melakukan program peningkatan ekonomi masyarakat melalui Bumdes, “Melalui Bumdes Maju Jaya, kita melalui pemerintah desa Padang Panjang berharap dapat menyerap tenaga kerja masyarakat setempat,” ujarnya.

“Agar bisa mandiri, Bumdes Maju Jaya bergerak di bidang pariwisata, Alhamdulillah, saat ini berada di tiga besar terbaik di tingkat provinsi setelah dilakukan penilaian Maret 2020 lalu dan kita bertekad membenahi diri agar bisa maju mewakili Kalsel di tingkat nasional,” ujar H Sokhidin seraya berharap Pandemi Covid-19 segera selesai, agar obyek wisata yang semula ditutup segera bisa dibuka kembali.

Berita Lainnya
1 dari 288

Terkait hal itu, Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, mengatakan bahwa Kabupaten Tabalong terdapat 121 desa dengan berbagai potensi yang dimiliki, di antaranya  pertanian peternakan, pariwisata, home industri dengan didukung letak geografis yang sangat mendukung, yaitu menjadi lintasan 3 provinsi Kalsel, Kaltim dan Kaltim. “Untuk memperkuat perekonomian pedesaan pemerintah Kabupaten Tabalong sejak tahun 2014 berkomitmen secara bertahap membentuk Bumdes,” ujarnya.

“Saat ini sudah terbentuk 107 Bumdes yang bergerak di berbagai bidang usaha, seperti perdagangan terutama di Bumdes Mart, penyediaan jasa, penyewaan, hingga pengelolaan tempat wisata,” ujar Anang.

Melalui berbagai program kegiatan dan pembinaan, lanjut Anang, Pemkab Tabalong secara konsisten mendorong Bumdes agar terus mengembangkan diri, menjadi lebih profesional dalam mengelola bisnis dan usahanya, “Alhamdulillah, semua kerja keras yang telah dilakukan membuahkan prestasi salah satu diantaranya adalah Bumdes Maju Jaya, sebagai Bumdes yang terbaik dan berprestasi di Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta, bahkan terpilih sebagai 3 besar Bumdes terbaik tingkat provinsi Kalsel, tahun 2021,” sebutnya.

“Oleh sebab itu dalam kesempatan yang baik ini saya mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi dan penghargaan yang setingginya kepala Kedes Padang Panjang dan jajaran pemerintahan desa, beserta seluruh masyarakat Padang Panjang, atas keberhasilannya mengelola BUMDES ini, saya berharap apa yang diraih ini kiranya bisa dicontoh dan menjadi barometer keberhasilan pembinaan Bumdes di Kabupaten Tabalong,” demikian pungkas Bupati Tabalong ini. (ros/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya