Rakor Bupati Bersama Camat Bahas Perkembangan Desa

Pelaihari, KP – Bupati Tanah Laut (Tala) H. M. Sukamta bersama Para Camat se Kabupaten Tanah Laut (Tala) melaksanakan Rapat Koordinasi (rakor) Perkembangan Desa di Balai Pertemuan Kelompok Tani Desa Sarikandi Kecamatan Kurau, Selasa (18/5).

Penempatan lokasi pertemuan ini atas permintaan Kabag Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Laut M. Syahid kepada Camat Kurau Anang Pandi yang akan memasuki masa pensiun dua minggu mendatang. Oleh karena itu, Anang Pandi memilih lokasi yang tepat di Desa Sarikandi, karena memiliki hamparan sawah cukup luas.

Orang nomor satu di Tala H. M. Sukamta sangat senang melakukan pertemuan ini tengah sawah, seiring Desa ini akan menjadi lokasi pelaksanaan panen raya yang akan datang.

“Alhamdulillah, bahkan saat dilanda banjir pun, tanaman masyarakat masih dapat diselamatkan”, tegasnya.

Pada rakor tersebut membahas tiga poin, diantaranya Profil Desa dan Kelurahan, Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperpanjang hingga 31 Mei mendatang, serta mengenai persoalan wilayah bebas pungutan liar (pungli) di tingkat desa.

Berita Lainnya
1 dari 480

Dalam penjelasan Bupati Tala H. M. Sukamta, bahwa para Camat agar segera menindaklanjuti profil desa dan kelurahan untuk database kementerian dalam negeri RI, serta melakukan evaluasi desa. Kemudian terkait PPKM, seluruh desa untuk melakukan pemetaan, terlebih sebagai basis awal ada di tangan RT.

“Saya minta para Camat expose, mana zona hijau, mana zona kuning, mana orange, dan merah,” jelasnya.

Hal ini perlu dilakukan agar dapat mengambil kebijakan dalam menggerakan ekonomi. Senada dengan permintaan Presiden RI Joko Widodo, agar penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi dapat berjalan dengan baik. Sehingga target pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat mencapai 7 persen.l

Adapun mengenai pungli, pada tingkat Desa dapat mensosialisasikan bahwa Tala sebagai kabupaten bebas pungli oleh Kapolda Kalsel.

“Insyaallah minggu depan akan saya canangkan sebagai Kabupaten bebas pungli,” tegasnya.

Bupati Tala meminta kepada para Camat agar membuat regulasi seterang mungkin, sehingga kegiatan pungli dapat diminimalkan. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya