Ribuan Arsip Pemko Banjarmasin Dimusnahkan

Banjarmasin, KP – Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kota Banjarmasin secara rutin melakukan pemusnahan arsip yang dianggap sudah tidak bernilai setiap tahunnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Banjarmasin, Akhmad Husaini mengatakan, rata-rata arsip yang dimusnahkan ini sudah berusia tua. Yakni di atas 10 tahun, bekerjasama dengan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) selaku instansi pemohon.

“Dalam setiap pemusnahan, biasanya ada pengusulan dari SKPD,” ucapnya saat dibincangi awak media belum lama tadi.

Ia menjelaskan, seperti yang baru-baru ini dilakukan, pemusnahan arsip diajukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Dimana banyak arsip-arsip perizinan yang dianggap sudah tidak bernilai.

Berita Lainnya

Mukhyar Apresiasi Keeksisan MB GPP

1 dari 2.972

“Pemusnahan biasanya kita lakukan bersama-sama. Lengkap surat-suratnya,” ungkapnya.

Husai melanjutkan, jumlah arsip yang dimusnahkan setiap tahunnya pun berbeda-beda. Mulai dari ratusan hingga ribuan arsip.

Ia menambahkan, untuk arsip yang masih bernilai atau dianggap sebagai arsip permanen, maka akan disimpan di gedung arsip yang berlokasi di kawasan Banjarmasin Selatan.

“Arsip itukan macam-macam sifatnya. Kalau yang arsip penting yang maka akan kita permanenkan. Dan diamankan di lantai dua gedung kantor kita,” tutupnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya