Sukamta Imbau Warga Tala Jangan Mudik Ke Luar Daerah

Pelaihari, KP – Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala) bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sepakat mengikuti kebijakan pemerintah pusat untuk tidak melakukan mudik jelang Idul Fitri 1442 Hijriah. Imbauan kepada seluruh lapisan warga Tala untuk tidak mudik demi mencegah penularan Covid-19 disampaikan Bupati Tala HM Sukamta di Ruang Barakat Setda Tala usai mengikuti Rapat Koordinasi Virtual terkait penegakan disiplin protokol kesehatan dan penanganan Covid-19 di daerah yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian serta diikuti segenap kementerian terkait dan para kepala daerah se-Indonesia, Senin (3/5/2021).

“Kita telah menerima perintah tegas dari pak presiden dan pak mendagri terkait pelarangan mudik, kita sepakat mengikuti demi menghindari penularan Covid-19 yang lebih parah. Untuk itu saya imbau kepada seluruh warga untuk sama-sama menahan diri, tolong jangan mudik dulu, mari saling menjaga”, ungkap Sukamta.

Kebijakan larangan mudik jelang Idul Fitri 1442 Hijriah dari pemerintah pusat memang bukan tanpa alasan. Secara nasional sekarang sedang terjadi peningkatan angka kasus positif Covid-19 ditambah dengan mutasi virus korona baru yang mengancam Indonesia. Demi menghindari kondisi yang berpotensi semakin parah, khususnya jelang Idul Fitri 1442 Hijriah, Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menginstruksikan seluruh kepala daerah untuk lebih serius dalam melakukan pencegahan penularan Covid-19 diantaranya dengan melaksanakan program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro dan menetapkan larangan mudik.

Berita Lainnya
1 dari 445

Dalam kesempatan itu Sukamta kembali mengimbau kepada masyarakat untuk lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Gunakan masker dalam segala aktivitas ditengah publik khususnya saat beribadah, hindari kerumunan, rutin mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri. Sukamta turut mengajak warga yang ingin beribadah secara berjamaah untuk tidak terpusat pada satu tempat ibadah saja. Sebagai salah satu ikhtiar menjaga kesehatan dan mencegah penularan dimasa pandemi, ibadah seperti Sholat Tarawih dan Sholat Ied sebaiknya dilakukan di rumah masing-masing bersama keluarga terdekat.

“Mari bersama-sama tetap menerapkan protokol kesehatan saat beribadah di tempat publik. Jangan terpusat pada satu masjid saja agar tidak berkerumun dan bisa menjaga jarak. Kita harus peduli bahwa situasi kita saat ini belum aman dari Covid-19. Jangan sampai ledakan tsunami Covid-19 seperti di India terjadi di daerah kita. Tolong ikuti anjuran pemerintah”, pungkas Sukamta.

Turut berhadir dalam rapat koordinasi tersebut, Kapolres Tala AKBP Cuncun Kurniadi, Dandim 1009 Pelaihari Letkol Inf Adi Yoga Susetyo, Kepala Kantor Kementerian Agama Tala HM Rusdi Hilmi, Kasatpol PP dan Damkar M. Kusri, dan Kepala Dinas Perhubungan Gentry Yuliantono. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya