Banjar Terima Hibah Dua Jembatan Gantung

Martapura, KP – Pemkab Banjar menerima hibah jembatan Keliling Benteng dan Lobang Baru dari Pemerintah Pusat.

Sekdakab HM Hilman mewakili Bupati, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Kalsel Syauqi Kamal dan Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Kalsel Tito Purnomo Ramadhani, menandatangani berita acara serah terima dan naskah perjanjian hibah jembatan Keliling Benteng dan Lobang Baru tersebut, di Aula Barakat Martapura, Rabu (2/6).

Sekda Hilman mengungkapkan apresiasi dan rasa terima kasih pihaknya atas hibah jembatan Keliling Benteng dan Lobang Baru tersebut yang merupakan akses satu-satunya.

“Terima kasih kepada pemerintah pusat yang hadir langsung untuk masyarakat Kabupaten Banjar pada level desa guna mengatasi masalah infrastruktur,” katanya.

Menurutnya ini berhubungan dengan aksesibilitas di wilayah Kabupaten Banjar yang dilintasi banyak sungai, baik sungai besar maupun kecil di 154 desa dari 290 desa/kelurahan yang sangat membutuhkan keberadaan jembatan.

Berita Lainnya
1 dari 577

”Fasilitas ini sangat mendukung kelancaran arus barang dan jasa untuk pertumbuhan ekonomi dan kegiatan masyarakat,” ujarnya.

Adapun jembatan yang dihibahkan berada di Desa Keliling Benteng Ulu, Kecamatan Martapura Barat serta di Desa Lobang Baru, Kecamatan Pengaron.

Syauqi Kamal sendiri memberi pesan mengenai pemeliharaannya. Yakni jenis jembatan gantung pejalan kaki kelas II, agak kaku jembatannya, namun lebih stabil kalau dilintasi, panjangnya 60 meter, lebarnya sekitar 1,8 meter dengan aset total Rp13.089.217.161,” jelasnya.

”Kami pesan untuk pemeliharaannya, karena dari baja biasanya bautnya cepat longgar akibat getaran,” pesannya.

Kalau berkarat, lanjutnya, agak kurang, karena bukan daerah laut, tapi tetap menjadi perhatian juga. Design sudah diperhitungkan dengan baik agar kecil kemungkinan tergerus banjir. (Wan/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya