Dewan Dorong Optimalisasi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana

Banjarmasin, KP – Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK mendorong optimalisasi pencegahan dan penanggulangan bencana di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar.

“Masalah penanggulangan bencana di Kecamatan Gambut ini menjadi perhatian serius, karena merupakan kawasan yang sering terdampak bencana banjir,” kata Supian HK usai sosialisasi Perda, Selasa (29/6/2021).

Supian HK menilai Kecamatan Gambut perlu sosialisasi Perda Nomor 6 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, agar stakeholder dan masyarakat bisa membangun pemahaman yang sama.

“Karena penanggulangan bencana ini tidak hanya peran stakeholder atau pemerintah, namun juga masyarakat untuk menguragi resiko bencana,” kata politisi Partai Golkar.

Untuk itu, semua elemen masyarakat perlu bekerjasama untuk mengurangi dampak bencana yang mungkin akan terjadi di masa mendatang, mengingat kawasan Gambut sering tergenang air, jika terjadi hujan deras di daerah hulu.

Berita Lainnya

Satgas Belum Rekomendasikan PTM

1 dari 3.201

Diantaranya, dengan membangun rumah dengan menggunakan sistem panggung, bukan diuruk, sehingga air tetap mengalir. “Pemkab juga memikirkan pembangunan kanal-kanal untuk mengalirkan dan menampung kelebihan debit air pada saat hujan deras,” jelas Supian HK.

Supian HK mengharapkan, lewat sosialisasi Perda ini, maka pencegahan dan penanggulangan bencana semakin optimal dilakukan di Kecamatan Gambut, agar dapat mengurangi dampak bencana banjir, terutama di sektor pertanian.

“Karena kawasan Gambut ini merupakan areal pertanian, maka bencana banjir jelas sangat merugikan masyarakat,” ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel V, meliputi Kabupaten Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong.

Sementara itu, Camat Gambut Ahmad Fauzan mengungkapkan, sosialisasi Perda ini sangat penting bagi pencegahan bencana di Kecamatan Gambut.

“Kita akan berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana di Kecamatan Gambut,” katanya. (lyn/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya