Iklan
Iklan
Iklan
Tanah Bumbu

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lakukan Penyusutan Arsip

×

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lakukan Penyusutan Arsip

Sebarkan artikel ini

Batulicin, KP – Kepala Dinas Perpustakaan dan ke Arsipersip Kabupaten Tanah Bumbu H Ambo Sakka, melalui Kabid Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Hj Noryana, 8/6/2021 mengatakan, arsip merupakan rekaman dari kegiatan instansi.

Oleh karenanya, maka perlu dilakukan penyusutan arsip melalui regulasi yang ada seperti Perda Kabupaten Tanah Bumbu Nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kearsipan, dan Peraturan Bupati Tanah Bumbu Nomor 52 tahun 2019. Adapun upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut adalah dengan memprogramkan penyusutan arsip.

Android

“Semakin banyak kegiatan yang dilakukan maka akan semakin banyak pula arsip yang tercipta.

Dengan demikian penanganan arsip juga akan menghadapi berbagai persoalan baik dalam hal ruang penyimpanan, penggunaan peralatan, tenaga, pemeliharaan, perawatan, dan juga penemuan kembali arsip,” sebut Hj. Noryana. Lebih lanjut terang dia,adapun upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi persoalan tersebut adalah dengan memprogramkan penyusutan arsip.

Terkait keberadaan arsip ini, sebutnya, tumpukan arsip yang terjadi di masing-masing SKPD sudah sangat mengkhawatirkan.  Selain faktor keterbatasan ruangan, kendala lainya adalah minimnya kegiatan pelaksanaan penyusutan arsip. Oleh karenanya, ia mengharapkan SKPD di Tanah Bumbu dapat mentaati aturan yang ada dengan melakukan penyusutan arsipnya sendiri secara mandiri.

Menurut Hj. Yana pada tahun 2021 ini terdapat 15 SKPD yang mengusulkan penyusutan arsip. SKPD pertama yang melaksanakan adalah Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa berdasarkan Berita Acara dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 2021 yang lalu.  Adapun arsip yang dimusnahkan adalah pada unit Sekretariat PMD berupa arsip korespondensi atau surat menyurat tahun 2017 sebanyak 604 eksemplar. 

Untuk itu Hj. Yana mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Dinas PMD dan mengharapkan SKPD lainnya segera dapat menyusul apa yang sudah dilakukan oleh Dinas PMD. Apalagi menurutnya penyusutan arsip pada tahun ini dimasukan dalam target pencapaian dari SKP pejabat eselon di sekretariat mulai dari Sekretaris, Kasubag Umpeg dan Pengelola Arsip sendiri tandasnya. (han)

Iklan
Iklan