Disdik Gelontorkan Dana Perbaikan 20 SD Rusak di Banjarmasin

Perbaikan sekolah ini digunakan untuk rehabilitasi rusak ringan,penyediaan fasilitas dan sarana di sekolah, seperti ruang kelas

BANJARMASIN, KP – Sebanyak 20 sekolah dasar (SD) yang mengalami kerusakan termasuk dampak Banjir yang terjadi awal tahun 2021 dipastikan segera diperbaiki.

“Anggaran perbaikan 20 sekolah dasar ini bantuan pemerintah pusat yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021,” kata Kabid Bina SD Disdik Kota Banjarmasin Nuryadi.

Kepada {KP} Jumat (4/6/2021) saat berada di kantor dewan ia menjelaskan, perbaikan sekolah ini digunakan untuk rehabilitasi rusak ringan,penyediaan fasilitas dan sarana di sekolah, seperti ruang kelas, WC, ruang unit kesehatan sekolah (UKS) dan lainnya.

Dikatakan Nuryadi, pengerjaan rehabilitasi 20 sekolah dasar itu dimulai sekitar Juni ini.

Dia menyebutkan, selain DAK, Pemko Banjarmasin melalui dana APBD dalam tahun 2021 ini juga telah menyiapkan anggaran untuk pembenahan fasilitas sekolah dasar diantaranya membangun ruang kelas baru.

Berita Lainnya

Keluarkan Izin PTM Mulai Senin

1 dari 3.549

Nuryadi mencontohkan pembangunan ruang kelas baru itu diantaranya SDN Alalak Utara 1 dan SDN Sungai Lulut 2.” Pembangunan ruang kelas baru pada sekolah dasar ini sudah memasuki proses lelang,” ujarnya.

Menurut dia, pemerintah kota terus berupaya memperbaiki dan mengembangkan fasilitas sekolah agar semuanya memenuhi standar baik yang berada di pusat kota maupun yang berada di pinggiran.

Nuryadi mengakui, bahwa kerusakan dan minimnya fasilitas yang dimiliki sekolah dasar kebanyakan berada di wilayah pinggiran.

Ia menjelaskan, mengingat anggaran tersedia sangat terbatas, maka perbaikan sekolah dasar dilaksanakan secara bertahap dengan skala prioritas.

Apalagi lanjutnya saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 ini dan cukup berdampak menurunnya penerimaan pendapatan daerah.

” Belum lagi anggaran untuk SKPD yang terpaksa dipangkas untuk penanganan Covid-19,” katanya.

Disebutkan Nuryadi SDN Negeri yang tersebar pada lima kecamatan Kota Banjarmasin sebanyak 256 unit dengan rincian 208 SDN dan 48 unit sekolah dasar swasta. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya