Dukung Food Estate :
Rumania Tawarkan Tehnologi Modifikasi Cuaca

Pertemuan antara Pemprov Kalteng dan Delegasi Rumania membahas beberapa sektor komoditi yang ada di Kalteng termasuk Food Estate, dan mengenai tekhnologi dari Rumanisa tentang modifikasi cuaca.

PALANGKA RAYA, KP — pemerintah Rumania tawarkan tehnologi mudifikasi cuaca, guna mendukung suksesnya program food estate di Kalteng, dan berencana menjalin hubungan bidang perekonomian khususnya pertanian.

tawaran itu diungkapkan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran usai menggelar pertemuan dengan Delegasi Rumania yang dipimpin oleh Honorary President of Romania’s Employers Confederation Dumitru Tanasa, di Palangka Raya, Kamis (03/6).

Pihak Delegasi Rumania yang hadir yakni Execitive Director Interventii Active in Atmosfera Limited Doru Dorian Popescu, Expert Interventii Active in Atmosfera Limited Eduart Popescu dan Expert Interventii Active in Atmosfera Limited Razvan Mihailescu.

Honorary President of Romania’s Employers Confederation Dumitru Tanasa pada pertemuan itu menyampaikan tujuan dari Delegasi Rumania ke Indonesia khusunya ke Kalteng untuk mempererat hubungan ekonomi serta terjalin kerjasama yang lebih erat antara Indonesia dan Rumania.

Tujuan kunjungan untuk mengembangkan hubungan ekonomi dan kerjasama antara Indonesia dan Rumania. Sebab dari sudut politik, hubungan ini sudah baik, “tapi kita selalu mengusahakan agar semua bidang selalu berkembang”, tutur Dumitru Tanasa.

Berita Lainnya
1 dari 503

Dumitru Tanasa mengatakan bahwa pihak Rumania mengundang secara resmi Gubernur Kalteng untuk mengunjungi Rumania.K “Kita mengundang secara resmi bapak Gubernur untuk mengunjungi Rumania. Untuk waktunya akan ditetapkan bersama”, jelasnya kepada awak media.

Terkait undangan ke Rumania, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyatakan siap memenuhi undangan mengunjungi Rumania, namun harus dibicarakan lagi lebih inten.

“Kita mengucapkan terimakasih atas kedatangan sahabat-sahabat dari Rumania ke Kalteng, ingin menjalin hubungan politik lebih erat lagi dengan Indonesia dan Kalteng umumnya”, ucap H. Sugianto Sabran.

Diakui, pertemuan antara Pemprov. Kalteng dan Delegasi Rumania ini membahas mengenai beberapa sektor komoditi yang ada di Kalteng termasuk Food Estate, dab mengenai tekhnologi dari Rumanisa tentang modifikasi cuaca.

“Tadi kita membahas beberapa sektor komoditi yang ada di Kalteng baik sektor tekhnologi dari Rumania tentang modifikasi cuaca. Kitakan ada musim hujan, musim kemarau, mungkin bisa diatur dengan tekhnologi dengan mereka. Kitapun ada Food Estate di Kalteng.

Menyoal tentang komoditas pertanian, selain padi dan jagung, Kalteng memiliki potensi kopi, dan coklat. Diharapkan antar 2 Negara bisa saling berhubungan yakni ekspor-impor”, tandas H. Sugianto Sabran.

Dalam pertemuan itu, Gubernur Sugianto Sabran didampingi oleh Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng. (drt/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya