Hijaukan Bantaran Sungai Masta Kecamatan Bakarangan

Rantau, KP – Peringatan hari lingkungan hidup sedunia, Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Lingkungan Hidup melakukan penanaman pohon di sepanjang bantatan sungai Tapin Desa Masta Kecamatan Bakarangan. Jumat 11/6/2021 kemarin pagi.

Penanaman pohon dimulai oleh Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor, Muspida Tapin, Penjabat Lingkungan Pemkab Tapin dan perusahaan serta pata organisasi kemasyarakatan bidang lingkungan.

Pohon ditanam jenis bungur yang sebagau peneduh juga untuk keindahan dibantaran sungai dengan bunga-bunga dikeluarkan dari pohon bungur.

Wakil Bupati Tapin Syafrudin Noor dalam sambutannya mengatakan, program rehabilitasi dan penghijauan akan dapat terlaksana dengan baik apabila ditunjang dengan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyrakat dan pemerintah daerah dalam pengelolaan lingkungan salah satunya dengn melakukan penanaman pohon secara bersama-sama.

Perlu kita ketahui bersama masalah lingkungan hidup merupakan masalah kita bersama, berbagai kasus kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup telah terjadi telah membuktikan terjadinya degradasi lingkungan.

“Ini memunjukkan perlu adanya komitmen dan kesadaran semua pihak untuk menerapkan dan menjalankan pronsip pengelolaan lingkungan, “ujar Wabup.

Melalui penanaman pohon di bantaran sungai dapat menjadikan sungai menjadi lestari karena menyangkut keberlangsungan hidup masa depan dan generasi akan datang.

Berharap penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan pasa saat memperingati hari lingkungan hidup tetapai terus dilakukan agar kelestarian alam di Kab Tapin tetap terjaga dengan baik.

Berita Lainnya
1 dari 247

Kemudian juga berharap tidak hanya debgan melakukan penanaman pohon di bantaran sungai, juga kebersihan lingkungan sungai agar bebas dari sampah, sehingga kelestaruan sungai tetap terjaga dengan baik.

Dihimbau kepasa warga masyarakat agar tidak membuang sampah kesungai sehingga sungai tidak tercemar dan dapat dimanfaatkan warga masyarakat untuk kebutuhan hidup.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin Nordin MS melaporkan, peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2021 ini kita melakukan penanaman pohon di bantaran sungai sepanjang jalan bantaran sungai Desa Masta Kecamatan Bakarangan.

“Sebanyak 200 batang pohon jenis Bungur ditanam di bantaran sungai Desa Masta Kecamatan Bakarangan, “ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tapin.

Mudahan penanaman pohon dibantaran sungai dapat mendongkrak indeks kualitas lahan di kabupaten Tapin, karena indeks kualitas lahan ditapin masih rendah

“Penanaman pohon ini akan membantu meningkatkan nilai indeks kualitas lahan di Kab Tapin,’’ ujarnya

Dipilihnya bantaran sungai sebagai lokasi penanaman pohon ini adalah sebagai salah satu penilaian indeks kualitas lahan, selain rth, bantaran danau, hutan dan area reklamasi.

Dipilihnya pohon bungur, tentunya untuk memperindah keberadaan sungai karena pohon ditanam kalau sudah besar akan memunculkan bunga-bunga sakura dan berdekatan dengan jembatan sehingga sungai dari sisi kiri dan kanan terlihat indah.

Mudahan mudhaan pohon yang kita tanam dapat tumbuh subur yang mana untuk kelestarian alam banua kita menjadi lebih baik. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya