Jaringan Listrik Disinyalir Jadi Penyebab Kebakaran

Banjarmasin, KP – Jaringan listrik disinyalir menjadi penyebab kebakaran yang seringkali terjadi di Kota Banjarmasin. Bahkan periode awal Ramadhan hingga kini, terjadi puluhan kebakaran di Banjarmasin. 

Data pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin mengungkapkan, salah satu dugaan kuat pemicu kebakaran karena korsleting listrik.

“Karena itu periksa kembali dan pastikan jaringan listrik  di rumah kita aman seperti kemungkinan korsleting listrik yang bisa memicu terjadinya kebakaran,” himbau Plt BPBD Kota Banjarmasin, Edy Wibowo.

Kepada KP, saat berada di Kantor DPRD Kota Banjarmasin belum lama ini mengemukakan, korsleting listrik atau hubungan arus pendek dapat terjadi karena adanya hubungan langsung antara konduktor negatif dengan positif. 

“Penyebab korsleting listrik bisa diakibatkan beberapa sebab, diantaranya dikarenakan kebiasaan-kebiasaan yang kurang memperhatikan sisi keselamatan,” jelasnya.

Menurutnya, penyebab korsleting listrik di rumah yang paling umum, bisa dikarenakan instalasi listrik yang tidak baik sehingga memiliki potensi besar jadi pemicu korsleting listrik.

Berita Lainnya
1 dari 3.548

Penyebab lainnya adalah kabel yang digunakan pada instalasi listrik sudah rusak atau lapisan pembungkusnya terkelupas karena digigit oleh tikus.

Ditandaskannya, menghindari itu perlu dilakukan pengecekan secara rutin terhadap kondisi instalasi listrik di rumah. 

“Apabila ditemukan ada kabel yang terkelupas dan berpotensi jadi penyebab korsleting listrik, maka perlu menutupnya dengan plester khusus listrik. Atau, jika sudah sangat parah, ada baiknya diganti,” ujarnya.

Lebih jauh Edy Wibowo mengemukakan, tidak hanya penyebab utama kebakaran dalam penyaluran bantuan kepada warga yang terkena musibah.

Selain itu, BPBD juga melakukan pemetaan daerah rawan bencana di Banjarmasin agar dalam pencegahan dan penanganan bencana bisa lebih cepat dan tepat kepada masyarakat.

Khusus di daerah rawan kebakaran, Edi Wibowo yang juga Kabag Keuangan Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kota Banjarmasin ini, bekerja sama dengan PDAM memasang hidran kebakaran.

“Keberadaan hidran sangat penting agar memudahkan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) mencari sumber air ketika terjadi musibah kebakaran,” tutupnya. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya