Kedai 99 Trisakti Diresmikan Walikota, Samosir : Kita Galakkan UMKM di Kawasan Pelabuhan

Banjarmasin, KP – Keinginan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarmasin dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Saut Nathan Samosir untuk menghidupkan kawasan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin mulai terwujud.

Hal itu, seiring dengan peluncuran unit usaha barunya di sektor kuliner, yakni Kedai 99 Trisakti, Janji Jiwa Jilid 827 dan Mo Tahu Aja, di Jalan Yos Sudarso, (samping kantor Ekspedisi Lintas Jawa Group) Kelurahan Telaga Biru, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin.

Acara grand opening sendiri dihadiri oleh unsur Forkopimda di Banjarmasin, sejumlah kolega di DPRD Kota Banjarmasin dan rekanan bisnis beserta seluruh karyawan dan keluarga besar Ekspedisi Lintas Jawa Group.

Istimewanya, peluncuran Kedai 99 Trisakti langsung diresmikan oleh Walikota Banjarmasin yang baru saja dilantik, Ibnu Sina, yang ditandai dengan penandatanganan prsasasti dan pengguntingan pita, Rabu (23/6) sore.

“Momentum ini cukup spesial, karena saya belum pulang ke rumah usai dilantik Pj Gubernur dan serah terima jabatan di Balai Kota tadi, kemudian langsung ke sini. Dan, yang terpenting ini semua untuk pemberdayaan UMKM di kawasan Pelabuhan Trisakti,” ujar Ibnu.

Ia berharap, dengan banyaknya bermunculan pelaku UMKM tentu akan semakin menambah geliat perekonomian di kawasan Pelabuhan Trisakti khususnya, dan Banjarmasin pada umumnya.

“Ini juga bisa menjadi magnet pertumbuhan ekonomi di Banjarmasin. Mungkin, nanti
UMKM yang lain bisa difasilitasi juga untuk membuka gerai di sini, agar menambah pemasukan para pelaku usaha,” ungkapnya.

Berita Lainnya
1 dari 863

Ibnu menambahkan, Pelabuhan Trisakti merupakan kawasan sentra bisnis dan perputaran ekonominya juga cukup banyak. Hadirnya kedai-kedai seperti ini, katanya lagi, bisa meramaikan suasana, apalagi jika melibatkan para pelaku UMKM.

“Kemudian, jika ekonomi bergerak, Insya Allah angka kejahatan juga turun. Dan, mudah-mudahan bisa memberikan kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi di Banjarmasin,” ucapnya.

Di sisi lain, Ibnu tetap mengingatkan akan pentingnya penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini.

“Seperti, pesan Pj Gubernur tadi, yaitu gas-rem. Saat Covid sedang landai silakan digas ekonominya. Sebaliknya, ketika Covid mulai naik, segera tarik rem darurat. Kita juga tidak ingin mematikan usaha. Tapi, seimbanglah antara ekonomi dengan kesehatan. Jangan sampai angkanya naik lagi seperti Jakarta, Surabaya dan kota-kota besar lainnya,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Saut Nathan Samosir, mengatakan, Pelabuhan Trisakti merupakan pintu gerbang perekonomian Kota Banjarmasin dan Provinsi Kalimantan Selatan.

Ia berharap, adanya dukungan Walikota Banjarmasin agar kawasan pelabuhan ini dapat hidup. Dimana, perekonomian bisa bergerak dari pagi hingga pagi lagi, seperti kawasan pelabuhan di daerah-daerah lainnya di Indonesia.

“Mulai hari ini Kedai 99 Trisakti, Kopi Janji Jiwa dan Mo Tahu Aja mulai beroperasi untuk melayani masyarakat Banjarmasin. Kita menyajikan menu-menu yang terjangkau bagi masyarakat menengah ke bawah. Harga kaki lima, kualitas bintang lima,” ucap owner Ekspedisi Lintas Jawa Group itu.

Samosir menuturkan, UMKM disini akan terus digalakkan. Bahkan, ia juga punya konsep seperti arahan Walikota Ibnu Sina, agar UMKM lain juga bisa bergabung.

“Akan kita gandeng untuk meramaikan kuliner di kawasan Pelabuhan Trisakti. Biar suasana di pelabuhan ini hidup. Sebelumnya, jam 8 malam di sini sudah gelap. Dengan adanya banyak kedai, tentu suasananya semakin ramai. Bahkan, kalau perlu kita buka hingga 24 jam. Sehingga roda perekonomian masyarakat juga terus berputar,” pungkasnya. (opq/KPO-1).

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya