Konsisten Lindungi dan Kelola Lingkungan
Pemkab Tabalong Raih ‘Sasangga Banua’

Tanjung, KP – Berkat konsistensi dan komitmen tinggi dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup yang berkelanjutan, Kabupaten Tabalong dapat meraih predikat pejuang lingkungan, dengan mendapatkan penghargaan ‘Sanggga Banua’ dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel).

Penghargaan ‘Sasangga Banua’ untuk kategori Pemerintah Daerah dari Pemprov Kalsel tersebut diserahkan langsung secara daring oleh Pj. Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA, pada peringatan puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021 belum lama tadi di Tanjung.

Penghargaan ‘Sasangga Banua’ tersebut merupakan penilaian yang dilakukan terhadap upaya dan kerja nyata instansi pemerintah, lembaga atau perorangan terhadap perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Kalsel.

Terpilihnya Kabupaten Tabalong sebagai pejuang lingkungan sendiri sangat disyukuri oleh Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, dengan mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada kerja keras seluruh instansi yang terkait, dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Tabalong.

“Terlebih di saat pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) ini, teman-teman tetap konsisten bekerja menjaga lingkungan,” jelas Bupati Tabalong.

Berita Lainnya
1 dari 288

Dalam kesempatan itu, Anang juga menilai  perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup Tabalong  sudah menunjukan kemajuan yang nyata dari tahun ketahun, seperti keberadaan ruang terbuka hijau yang terus meningkat, keberadaan bank sampah di setiap desa/kelurahan, berkurangnya timbunan sampah di TPS dan TPA, serta gencarnya program penghijauan melalui penanaman pohon.

Terkait penanaman pohon sendiri Bupati Tabalong segera menginstruksikan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup, untuk sesegera mungkin mengevaluasinya agar lebih baik lagi, “siapa yang menyediakan bibit, siapa yang menanam dan siapa yang merawat harus terus dievaluasi,” pinta H Anang Syakhfiani kepada Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong.

Dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021, Bupati Tabalong beserta Forkopimda dan jajaran di Lingkup Pemkab Tabalong  melakukan penanaman pohon angsana di Tempat Pemakaman Umum Muslim (TPUM) Belimbing Raya yang juga merupakan tempat pemakaman khusus Pasien Covid-19 di Kabupaten Tabalong.

Sebelumnya ada sebanyak 80 batang pohon jenis angsana, mahoni dan lainnya ditanam oleh Pemerintah Kabupaten Tabalong dalam rangka puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021.

Penanaman pohon di area tempat pemakaman umum Covid-19 di kecamatan Murung Pudak itu dipimpin langsung Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si.

Dipilih area pemakaman Covid-19, karena lokasi tersebut memang segera membutuhkan penghijauan dan merupakan komitmen yang sudah dilakukan sejak tahun 2016 dengan adanya program ‘Genta Si Hijau.’

Tujuannya untuk bisa mewujudkan Tabalong sebagai daerah bersih dan hijau, dengan komitmen untuk terus melakukan upaya-upaya penanaman yang masih butuh banyak penghijauan supaya bisa mempertahankan kualitas udara, dan air. (ros/K-6)
 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya