Putra Kotabaru Dapatkan Penghargaan Astaprana Dari Kesultanan Banjar

Kotabaru, KP – Salah seorang Putra Kotabaru Bumi Sa-Ijaan, Rudi Nugraha Sanderta, yang dinilai telah mengangkat budaya banjar melalui karya karyanya, mendapatkan Anugrah, penghargaan Astaprana, dari kesultanan Banjar, langsung diberikan Sultan Haji Khairul Saleh Al Mu’tashim Billah, Minggu (13/6/2021) di Rattan inn Banjarmasin.

Sederet karya karya yang telah dibuat oleh Rudi Nugraha Sanderta yang mengangkat tentang kebudayaan dan juga pariwisata Kalimantan Selatan khususnya Kabupaten Kotabaru telah banyak dinikmati oleh kalangan masyarakat luas.

Sebut saja lagu Kakamban Hati Putri Suwangi, Kampung Laut, Ayo ke Kotabaru dan yang baru saja dibawakan oleh Ratna Lida saat tampil di Indosiar yaitu The Legend Of Borneo, semua diciptakan dan di aransir oleh Rudi sendiri.

Berita Lainnya
1 dari 207

Anugerah Astaprana merupakan anugerah yang diberikan kepada para seniman, sastrawan, dan budayawan yang menampilkan seni budaya Banjar ke ranah umum, dan karyannya diakui oleh kalangan sesama rekan profesi atau masyarakat umum.

“Alhamdulillah, pada peringatan milad Kesultanan Banjar ke 516 kami diberikan anugerah Astaprana. Gelar kehormatan ini, merupakan sebuah bagian apresiasi perjalanan diri saya dalam meniti kesenian sejak kecil. Penghargaan ini tentunya sebagai motivasi bagi kami serta generasi muda untuk lebih serius dan ulet dalam upaya pengembangan dan pelestarian seni budaya Banua,” terang Rudi Nugraha Sanderta.

Seniman yang juga menjabat Kepala Bidang Pertunjukan dan Event Pariwisata pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotabaru ini, berharap agar Adat dan Budaya Banjar dapat dijaga dan dilestarikan bersama – sama. Karena hal tersebut merupakan cermin identitas urang Banua.

Selain Rudi Nugraha Sanderta, Gelar ASTAPRANA juga diberikan oleh Kesultanan Banjar kepada Talenta Banua yang sukses di Ibu Kota seperti Gusti Hendy sebagai Drummer GIGI Band, Tommy Kaganangan, yakni seorang pegiat konter kreatif, Youtuber, dan Agus Sasirangan yang berprestasi dalam MASTER CHEF season 1 di stasiun TV Swasta RCTI. (and/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya