Tahun Ini, Pembangunan Puskesmas Sungai Andai Dikerjakan

Banjarmasin,KP – DPRD Kota Banjarmasin memastikan proyek pembangunan Puskesmas Induk Sungai Andai dikerjakan pada tahun ini.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin Zainal Hakim memastikan, anggaran pembangunan fasilitas kesehatan masyarakat tersebut tidak akan terkena refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Untuk memastikan proyek pembangunan fasilitas kesehatan ini kami mendapat informasi sudah dilelang dan proses tender sudah selesai pemenangnya, yakni PT Pelita Andika Ambar Lestari,” ujarnya,

Sebelumnya Zainal Hakim mengemukakan, proyek pembangunan fasilitas pelayanan kesehatan idi wilayah cukup padat penduduk ni guna menindaklanjuti desakan dan aspirasi yang disampaikan warga Kelurahan Sungai Sungai Andai.

Hal itu dikemukakannya usai rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 kepada sejumlah wartawan, Senin (21/6/2021).

Dipaparkan untuk merealisasikan proyek tersebut pagu anggaran disediakan sekitar Rp7 miliar dengan HPS sekira Rp6,7 miliar dan pemenang lelang menawar seharga Rp5,7 miliar.

“Harapan saya pembangunan puskesmas tersebut sesuai jadwal dan tak terkendala. Jadi sudah berdiri akhir tahun ini,” wakil ketua komisi diantaranya membidangi masalah kesehatan ini.

Berita Lainnya

Satgas Belum Rekomendasikan PTM

1 dari 3.201

Dikatakannya setelah pembangunan fisik Puskesmas Sungai Andai rampung, selanjutnya di 2022 kembali dianggarkan untuk perlengkapan dan peralatan kesehatan puskesmas tersebut.

Politisi PKB daerah pemilihan (Dapil) Banjarmasin Utara ini mengatakan, dengan adanya puskesmas di wilayah itu , warga Sungai Andai tidak jauh lagi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi menyampaikan ekspos terkait rencana pembangunan Puskesmas Induk Sungai Andai.

Machli mengatakan, Detail Engineering Design (DED) pembangunan Puskesmas Induk Sungai Andai sudah selesai dan dirancang dua lantai.

Machli menyebut sesuai anggaran disediakan dalam APBD Kota Banjarmasin tahun 2021, pembangunan Puskesmas Induk Sungai Andai dipersiapkan sekitar Rp 7,8 miliar.

Menurutnya, jika anggaran tersedia tidak mencukupi. maka tambahan anggarannya akan diusulkan pada APBD Perubahan pada tahun ini juga.

Ia juga menjelaskan. pembangunan Puskesmas Sungai Andai dirancang akan menjadi salah satu percontohan puskesmas terbesar dan termegah di Kalsel.

“Puskesmas yang akan dibangun itu nantinya juga akan dilengkapi fasilitas rawat inap serta sejumlah sarana lainnya,” kata Machli Riyadi. (nid/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya