Bupati HSS Ingatkan Disiplin Prokes Tanggulangi Covid-19

Kandangan, KP – Kasus Covid-19 kembali meningkat signifikan, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry mengingatkan protokol kesehatan terus dijalankan dalam beraktivitas.

Data terakhir per Jumat (23/7/2021), jumlah pasien Covid-19 di HSS meningkat menjadi 84 orang, dengan mayoritas dari Kecamatan Kandangan dan Daha Selatan. Sebanyak 59 dirawat di rumah sakit dan 25 di ruang karantina khusus.

Bupati HSS Achmad Fikry membeberkan, berdasarkan data kasus Covid-19 tersebut banyak terjadi pada klaster keluarga. Bahkan, ada konfirmasi positif Covid-19 yang terjadi pada anak-anak.

Dampak peningkatan kasus Covid-19, bahkan membuat kebijakan kegiatan sekolah dengan pembelajaran tatap muka (PTM) kembali ditunda. Atas pertimbangan dan berbagai diskusi, pembelajaran sekolah kembali secara daring. PTM akan dilakukan dengan melihat perkembangan situasi pandemi Covid-19.

“Kami terus mengajak semua masyarakat, bersama-sama untuk menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” ajak Achmad Fikry, saat konferensi pers dengan wartawan di Aula Rakat Mufakat, Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten HSS.

Ia menekankan, selain selalu mengenakan masker dan rajin mencuci tangan, juga menghindari kerumunan dan menjaga jarak. Serta, masyarakat diminta menahan diri untuk melakukan hajatan besar-besaran yang menimbulkan kerumunan, dan menyebabkan kerawanan penularan Covid-19.

Berita Lainnya
1 dari 567

Kegiatan keagamaan termasuk kegiatan ibadah berjamaah di tempat ibadah, diingatkan harus sesuai imbauan MUI dan pemerintah dalam memenuhi protokol kesehatan.

Bupati juga mengimbau, masyarakat mengurangi mobilitas, terlebih sampai ke luar daerah yang bisa menyebabkan potensi penularan Covid-19.

Pihaknya berupaya mendorong kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan, melalui komunikasi informasi dan edukasi (KIE), hingga operasi yustisi penerapan Perbup nomor 44 tahun 2020.

Vaksinasi Covid-19 yang bergantung pada pengiriman dari pusat, juga akan segera dilakukan jika sudah datang. Bahkan, dalam waktu dekat akan disalurkan bantuan beras untuk penerima PKH dan BST. 

“Semua upaya yang dilakukan pemerintah dalam penanganan Covid-19, tak akan berhasil tanpa dukungan semua lapisan masyarakat,” ujarnya.

Konferensi pers tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Muhammad Noor, Kepala Dinas Kesehatan Siti Zainab, Direktur RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan Rasyidah, dan Kabag Hukum Setda HSS Fitri. (tor/K-6) 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya