Kades Pakatellu Sampaikan Keluhan Petani

Batulicin, KP – Kades Pakatellu Hamaludim mengungkapkan, hasil panen petani padi di desanya 3 tahun terahir mengalami penurunan.

“Biasanya 7 ton perhektar setiap kali panen, sekarang hanya 1 ton saja perkali panen didapat,’’ ujar Hamaludin kepada media ini Minggu 11/7.2021.

Menurut dia, turunya hasil panen petani padi di desanya karena adanya hama yang menyerang buah padi pasca berumur 2 bulan.

“Ketika padi umur 2 bulan, buah padi kosong, sehingga saat waktu dipanen, banyak padi yang hampa. Selain masalah hasil panen, Hame juga mengunkapkan hasil panen yang dihasilkan saat dijual haraganya murah, sehingga banyak petani meninggalkan lahanya pergi merempa.

“Kasus panen ini sudah disampaikan ke dinas,” tambahnya.

Kepala dinas pertanian Kabupaten Tanah Bumbu Fauji Akbar melaui kabid Tanaman dan Hartikultura Robby Candra mengatakan, persoalan panen menurun apakah di panen pertama atau panen kedua.

Berita Lainnya
1 dari 513

Kalau itu terjadi pada panen kedua, sangat mungkin,karena unsur hara sudah habis diserap pada waktu panen pertama, selain itu, pada saat panen pertama, sisa hama di batang padi dilahan masih belum habis, lalu datang tanam kedua, inilah penyebanya.

“Lahan panen pertama hama masih ada dibatang padi,lalu dilakukan tanam kedua, maka hasil penen kedua terkontak dengan hama yang masih ada dilahan,” jelasnya.

Menyoal harga jual padi murah Robby menjelaskan, murahnya harga karena terjadi panen seretak, sehingga terjadi oper pruduksi yang mengakibatkan jumlah gabah dipasar melimpah.

“Karena barang berlimpah harga turun,” tandasnya. Terpisah kepala

Dinas Tanaman Pangan Nahrul Pajri  menerankan, terkait hasil panen yang tidak laku dipasar karena beras hasil petani kita tidak sesuai dengan keinginan konsumen.

“Di pasar beras yang dijual adalah pulen,sedang kan pruduksi kita jenis nya agak keras, inilah persoalanya,” katanya. Jadi pada intinya petani kita harus membaca keingin pasar,apa yang diminta itu yang kita siapkan, tandas Nahrul. (han)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya