Kekeruan Air Baku Terus Meningkat, PDAM Bertekat Jaga Kualitas

Banjarmasin, KP – Belakangan ini pabrik Bayu plat merah terus menerima komplin baik langsung maupun melalui media. Namun pengaduan tersebut, langsung direspon oleh manajemen PDAM Bandarmasih yang menyatakan bahwa kondisi air baku sedang mengalami penurunan.

Senior Manager Produksi dan Distribusi PDAM Banjarmasin, Walino mengatakan penurunnya kualitas air baku menjadi penyebab distribusi kurang maksimal bahkan sebagian ke warga pelanggan warga kecoklat-coklatan.

Dampak kekeruan yang terjadi sehingga sumber air yang diambil dari Intake Sungai Tabuk terjadi tingkat kekeruhan melebihi standar perusahaan milik Pemko Banjarmasin ini ini.

“Memang kondisi air baku kini kerap keruh dan mencapai 250 Ntu hingga 1000 lebih. Sementara standar kami maksimal 250 Ntu,” katanya.

Berita Lainnya
1 dari 3.188

Bahkan dengan tingkat kekeruhan yang melebihi abang batas membuat rumit untuk menetralkan kualitas air. Bahkan pihaknya hingga sekarang ini kerja keras mencari jalan keluar dengan melakukan inovasi, misalnya melakukan penggantian bahan kimia dan upaya lainnya.

Walino juga mengimbau kepada masyarakat soal kesadaran menjaga lingkungan terutama sungai yakni dengan memperhatikan sampahnya. Air sungai tentu berkaitan dengan air baku yang digunakan PDAM. Bila sungai tercemar maka juga akan mempengaruhi kualitas air baku.

“Mudahan kondisi ini segera bisa kita atas. Dan yang terpenting kita sama-sama menjaga lingkungan terutama sungai misalnya tidak membuang sampah, dengan begitu sungai terjaga dan air baku berkualitas,” ujar Walino.

Humas PDAM Bandarmasin M Nur Wakhid menambahkan dengan kekeruhan yang melebih batas maksimal 250 Ntu ini berdampak produksi air turun sehingga terjadi penurunan tekanan dengan kwalitas yang sedikit mengali penurunan.

Dengan kondisi ini PDAM Bandarmasih meminta maaf karena membuat ketidaknyaman pelanggan dan berharap secepatnya kwalitas pelayanan maupun produksi air membaik, demikian Humas PDAM Bandarmasin M Nur Wakhid. (vin/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya