Iklan
Iklan
Iklan
Banjarmasin

Kekeruhan Air Baku Terus Meningkat, PDAM Bertekad Jaga Kualitas

×

Kekeruhan Air Baku Terus Meningkat, PDAM Bertekad Jaga Kualitas

Sebarkan artikel ini


Banjarmasin, KP – Belakangan ini pabrik banyu plat merah terus menerima komplain baik langsung maupun melalui media. Namun pengaduan tersebut, langsung direspon oleh manajemen PDAM Bandarmasih yang menyatakan bahwa kondisi air baku sedang mengalami penurunan.
Senior Manager Produksi dan Distribusi PDAM Banjarmasin, Walino mengatakan penurunnya kualitas air baku menjadi penyebab distribusi kurang maksimal bahkan sebagian ke warga pelanggan warna kecoklat-coklatan.
Dampak kekeruhan yang terjadi sehingga sumber air yang diambil dari Intake Sungai Tabuk terjadi tingkat kekeruhan melebihi standar perusahaan milik Pemko Banjarmasin ini ini.
“Memang kondisi air baku kini kerap keruh dan mencapai 250 Ntu hingga 1000 lebih. Sementara standar kami maksimal 250 Ntu,” katanya.
Bahkan dengan tingkat kekeruhan yang melebihi ambang batas membuat rumit untuk menetralkan kualitas air. Bahkan pihaknya hingga sekarang ini kerja keras mencari jalan keluar dengan melakukan inovasi, misalnya melakukan penggantian bahan kimia dan upaya lainnya.
Walino juga mengimbau kepada masyarakat soal kesadaran menjaga lingkungan terutama sungai yakni dengan memperhatikan sampahnya. Air sungai tentu berkaitan dengan air baku yang digunakan PDAM. Bila sungai tercemar maka juga akan mempengaruhi kualitas air baku.
“Mudahan kondisi ini segera bisa kita atasi. Dan yang terpenting kita sama-sama menjaga lingkungan terutama sungai, misalnya tidak membuang sampah, dengan begitu sungai terjaga dan air baku berkualitas,” ujar Walino.
Humas PDAM Bandarmasin M Nur Wakhid menambahkan dengan kekeruhan yang melebih batas maksimal 250 Ntu ini berdampak produksi air turun sehingga terjadi penurunan tekanan dengan kualitas yang sedikit mengalami penurunan.
Dengan kondisi ini PDAM Bandarmasih meminta maaf karena membuat ketidaknyaman pelanggan dan berharap secepatnya kualitas pelayanan maupun produksi air membaik, demikian Humas PDAM Bandarmasin, M Nur Wakhid. (vin/KPO-1)

Iklan
Iklan