Pemkab Tapin Siapkan SPBE Dalam Pengelolaan Keangan Daerah

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin menggelar fokus group discussion Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Penatausahan bertempat di Grand Dafam Banjarbaru. Kamis malam, (15/07/2021).

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan dihadiri oleh sekda Tapin H Masyraniansyah, Direktur Operasional Bank Kalsel Pusat Ahmad Fatria Putra, dan Kepala Devisi Kredit Bank kalsel Izhar, serta Kepala SKPD se Kabupaten Tapin.

FGD membahas rencana penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dalam sebuah anggaran di SKPD sehingga memudahkan dalam pengelolaan keuangannya masing-masing.

Panitia Pelaksana Roni Rifani mengatakan, kegiatan sosialisasi dan FGD dasari peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah pada pasal 222 dijelaskan bahwa pemerintah wajib menerapkan sistem pemerintah berbasis elektronik (SPBE).

“Oleh karenanya menindaklanjuti amanah peraturan tersebut, pemerintah daerah berkewajiban untuk menerapkan SPBE khususnya dibidang pengelolaan keuangan daerah, sebelumnya digelar forum group discussion bersama lintas sektor, “ungkapnya.

Sementara Kepala BKAD Tapin Dr Supiansyah mengatakan, penerapan pengelolaan keuangan daerah dengan sistem informasi pemerintah daerah (SPID) diterapkan di Tapin sejak awal tahun 2021, dan aplikasi ini dipakai berbarengan dengan SIMDA Tapin yang menjadi aplikasi pengelolaan keuangan daerah sejak beberapa tahun belakangan, untuk itulah melalui FGD dapat menyamakan presepsi dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE.

Berita Lainnya
1 dari 264

Dalam sosialisasi ini diharapkan semua terkait dengan pengelolaan keuangan daerah dan pelaksanaannya melalui SIPD dapat dipahami oleh pengelola keuangan di masing-masing SOPD lingkungan Pemkab Tapin.

Sementara itu Bupati Tapin HM Arifin Arpan sebelum membuka sosialisasi dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tapin sendiri selalu berkomitmen untuk mendukung semua kebijakan pemerintah pusat, salah satunya adalah SIPD ini, yang digelar dalam forum discussion.

“Sosialisasi dan FGD ini juga merupakan kegiatan yang strategis sebagai wahana untuk menyamakan persepsi kepada pemerintah daerah khususnya dalam penata usahan keuangan daerah, “Ucapnya

Menurut Bupati, Dengan pemerintah daerah yang bagus dan kinerja yang baik tentunya menaikkan poin salam kinerja pemerintah daerah, karena kalau kinerja pemerintah dinilai pemerintah pusat bak tentunya mudah mendapatkan dana Insentif daerah (DID). Seperti pada tahun lalu Kab. Tapin mendapatkan DID sebesar 63 Milyar.

” Mudahan-mudahan pada tahun ini Pemerintah Kab Tapin mendapatkan kinerja yang bagus dari penilaian pemerintah pusat, dengan harapan DID kembali didapatkan yang lebih banyak lagi dari tahun sebelumnya, “harapnya.

Kepada peserta diharapkan dapat mengikuti FGD dengan serius, sehingga nantinya setelah selesai kegiatan ini dapat diterapkan di semua SOPD lingkup Tapin khususnya dalam pengelolaan keuangan daerah.

Semoga kegiatan ini nantinya dapat berbagi dan menyamakan pemahaman dan belajar dalam pelaporan keuangan transparan dan akuntabel. (rel/abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya