POPDA Kalsel Tahun 2021 Diikuti Lebih Seribu Atlet

POPDA Kalsel tahun 2021 yang mempertandingkan 10 cabang olahraga, diikuti lebih dari seribu atlet pelajar dari 13 Kabupaten/Kota.

Banjarmasin, KP – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tahun 2021 tingkat provinsi Kalimantan Selatan, yang berlangsung dari 12–16 Juli di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru, diikuti lebih seribu atlet.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel Hermansyah di Banjarmasin, Senin, menyatakan, pelaksanaan POPDA dengan peserta seribu lebih ini dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19 yang sangat ketat.

Sehingga, ujar dia, seluruh atlet yang jumlahnya ribuan tersebut harus betul-betul mentaati aturan yang diterapkan Satgas COVID-19, khususnya para panitia pelaksana dipertandingan.

“Makanya kapasitas peserta POPDA perpertandingan hanya 50 persen boleh hadir,” tuturnya.

Ditambahkan Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Provinsi Kalsel M Fitri Hernadi, gelar POPDA Kalsel tahun 2021 ini mempertandingkan sebanyak 10 cabang olahraga yang bertempat di Kota Banjarmasin.

Dirincikan dia, sepuluh cabang olahraga itu adalah Dayung yang tempat pertandingannya di Sungai Awang Permai di Kota Banjarmasin, dengan jumlah atlet sebanyak 110 orang.

Cabang olahraga Gulat di GOR Hasanuddin Banjarmasin dengan jumlah atlet 130 orang. Cabang olahraga Panahan bertempat di lapangan panah GOR Hasanuddin Banjarmasin dengan jumlah atlet sebanyak 110 orang.

Selanjutnya, kata Fitri, cabang olahraga Renang yang bertempat di kolam renang GOR Hasanuddin Banjarmasin dengan jumlah atlet 100 orang. Cabang olahraga Judo di GOR H Bambang dengan jumlah atlet sebanyak 130 orang.

Kemudian, cabang olahraga karate di Borneo Futsal Banjarmasin dengan jumlah atlet 110 orang. Cabang olahraga Kempo dengan atlet 150 orang dan cabang olahraga Taekwondo dengan atlet 120 orang, sama-sama tempat tanding di gedung voli indoor SKB Mulawarman Banjarmasin. Cabang olahraga tinju di sasana Wisma Kartika Antasari Banjarmasin dengan jumlah atlet 60 orang. Cabang olahraga Voli Pasir di lapangan bola voli pasir Gatot Subroto Banjarmasin dengan jumlah atlet 210 orang.

“Sementara itu, ratusan atlet pada cabang atletik bertanding di lintasan atletik JPOK ULM di Kota Banjarbaru,” ujar Fitri.

Berita Lainnya
1 dari 399

Petinju 12 kabupaten/kota

Sebanyak 12 kabupaten/kota mengirim petinju pada ajang POPDA tahun 2021 yang diselenggarakan di Sasana Pertina Provinsi Kalsel di Banjarmasin dari 12—16 Juli 2021.

Gelar tinju POPDA Kalsel yang diikuti 105 atlet, minus atlet dari Kabupaten Tabalong tersebut dibuka Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Nasional (Pengprov Pertina) Kalsel Brigjen TNI Firmansyah, didampingi Sekretaris Pertina, Hermanto Ginting, Senin.

Hadir pada acara pembukaan gelar tinju POPDA Kalsel tersebut Kadispora) Kalsel Hermansyah.

Ketua Pertina Kalsel yang merupakan Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah sangat apresiasi bagi semua daerah yang mengirimkan atletnya pada ajang tersebut.

“Mereka ini merupakan bibit-bibit atlet Kalsel yang diharapkan menjadi petinju profesional andalan daerah hingga ke tingkat nasional bahkan internasional,” ujarnya.

Dia menyatakan, semua harus menjunjung sportifitas, taat aturan juga taat protokol kesehatan, sebab saat ini masih masa pandemi COVID-19.

Menurut Firmansyah, ajang ini juga sebagai tolak ukur kemajuan olahraga tinju Banua (Kalsel).

“Kita harap banyak atlet berprestasi muncul pada ajang ini,” ujarnya.

Sebagaimana dilaporkan, cabang olahraga tinju pada POPDA Kalsel tahun 2021 ini memperebutkan sebanyak 16 medali emas, 16 medali perak dan 32 medali perunggu.

Adapun nomor atau kelas yang dipertandingkan, untuk putra sebanyak 9 kelas, yakni, 81 Kg, 75 Kg, 69 Kg, 64 Kg, 60 Kg, 56 Kg, 52 Kg, 49 Kg dan 46 Kg.

Adapun untuk putri sebanyak tujuh kelas, yakni, 45 Kg, 48 Kg, 51 Kg, 54 Kg, 57 Kg, 60 Kg dan 64 Kg. (ant/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya