Anggota Dewan Pelajari Food Estate di Kapuas

Hj Dewi Damayanti

Banjarmasin, KP – Komisi II DPRD Kalsel meninjau pembangunan food estate yang merupakan proyek nasional di Kabupaten Kapuas, Kalteng.

“Kita perlu mempelajari food estate ini agar bisa meningkatkan pertanian di Kalsel,” kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Hj Dewi Damayanti melalui Whatsapp, kemarin, di Banjarmasin.

Sementara Sekretaris Komisi II DPRD Kalsel, HM Iqbal Yudianoor SE mengatakan, kunjungan kerja Komisi II ke Kabupaten Kapuas ini untuk menemui Dinas Pertanian setempat.

“Kita perlu mempelajari program food estate yang ada di Kapuas,” kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN).

Iqbal Yudiannoor mengungkapkan, Kabupaten Kapuas merupakan salah satu kabupaten yang dikembangkan untuk menjaga ketahanan pangan jangka panjang dengan program food estate.

“Food estate ini merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi, mencakup pertanian, perkebunan dan peternakan di suatu kawasan,” jelas Iqbal Yudiannoor.

Berita Lainnya
1 dari 937

Untuk itu, Komisi II ingin belajar bagaimana Kapuas mendapatkan proyek food estate tersebut atau kalau mungkin bagaimana pula cara agar Kalsel bisa memperoleh proyek serupa.

Iqbal Yudiannor menambahkan, alasan mempelajari food estate di daerah pertanian pasang surut Kapuas atau tetangga itu berkaitan dengan ekonomi kerakyatan.

“Kita juga sedang menggalakkan/mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui kegiatan usaha pertanian secara umum, seperti perkebunan, pertanian tanaman pangan dan perikanan,” ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel VI, meliputi Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Selain itu, semua usaha sektor pertanian bukan sekedar menunjang ekonomi kerakyatan, melainkan pula buat menjadi sumber bagi pendapatan asli daerah (PAD).

Kunjungan kerja Komisi II DPRD Kalsel tersebut dijadwalkan pada 12-14 Agustus 2021.

Seperti diketahui food setate di Kalteng terdapat dua lokasi selian Kapus adalah Kabupaten Pulang Pisau dengan luas keseluruhannya meliputi intensifikasi lahan seluas 14.135 ha dan ekstensifikasi lahan seluas 22.500 ha.

Komoditas utama yang ditanam di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau adalah padi dan komoditas pendukung lainnya berupa tanaman hortikultura yaitu sayur dan buah-buahan, tanaman perkebunan kelapa genjah, dan juga ternak itik. (lyn/K-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya