Dapat Restu Mendagri
Lima Kepala SKPD Pemko Akhirnya Resmi Dilantik

Sebenarnya rencana pelantikan digelar Kamis kemarin, sehubungan karena walikota ada kesibukan lain, makanya ditunda

BANJARMASIN, KP – Lima pejabat pemenang lelang jabatan kepala Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin pada tahun 2020 lalu akhirnya mendapat kejelasan.

Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Mukhyar mengatakan, kelima calon kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin dilantik pada Jumat (6/8) pagi.

Ia mengungkapkan, keputusan tersebut berdasarkan restu dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang sudah ditunggu-tunggu selama ini. Dan setelah menunggu sekian lama, restu tersebut sudah keluar pada Selasa (3/8) lalu.

“Sebenarnya rencana pelantikan digelar hari ini. Cuman karena walikota ada kesibukan lain, makanya ditunda,” ucapnya saat ditemui awak media di Balai Kota, Kamis (5/8) petang.

Sejatinya, kepala daerah terpilih yang baru dilantik saat melakukan pergantian pejabat mestinya menunggu waktu hingga 6 bulan terhitung sejak tanggal pelantikan.

Namun, hal tersebut mendapat pengecualian jika permohonan mutasi jabatan mendapat persetujuan tertulis dari Mendagri. Sesuai pasal 162 ayat 3 UU nomor 10 tahun 2016 tentang UU Pilkada.

Adapun lima pejabat yang disebut Hermansyah itu yakni Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) bakal diisi oleh Ichrom Muftezar. Yang merupakan pejabat termuda, diantara lainnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar akan diisi Ahmad Muzaiyyin. Camat Banjarmasin Timur itu bukan wajah baru. Dia sebelumnya juga pernah menjadi bagian dari aparat penegak Perda tersebut.

Lalu, ada nama Windiasti Kartika yang bakal menduduki posisi Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik). Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja bakal diisi Isa Ansyari.

Berita Lainnya
1 dari 3.548

Dan terakhir Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan diisi Muhammad Makhmud.

“Pelantikan dilaksanakan Jumat (6/8) pukul 8.30 WITA besok. Acara digelar terbatas di Aula Kayuh Baimbai Balai Kota Banjarmasin. Mengingat, saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19,” pungkasnya

Sementara itu, salah seorang pejabat yang bakal dilantik, Ichrom Muftezar mengaku menyambut baik kabar tersebut.

Pria yang bakal menjabat sebagai Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, itu mengaku jabatan tersebut sebagai pemicu agar dirinya untuk lebih baik dalam bekerja.

Ia pun membeberkan, ada sejumlah hal uang dalam waktu dekat bakal ia lakukan. Seperti menyiasati kondisi pandemi, pihaknya akan memberikan pelatihan kepada wirausaha baru (WUB), maupun wirausaha lama untuk mengikuti program marketplace atau pasar online.

“Membantu mereka memasarkan dagangannya, di tengah masa pandemi,” ungkapnya.

Kemudian, pria dengan sapaan Tezar itu juga akan mensosialisasikan lagi kepada masyarakat tentang tera dan tera ulang. Itu dilakukan, dalam rangka memberikan perlindungan masyarakat atau perlindungan konsumen.

Hal itu diungkapkannya bukan tanpa alasan. Ia menilai, ada banyak masyarakat yang saat ini kurang mengetahui terkait tera dan tera ulang itu.

Ambil contoh, takaran di SPBU misalnya, perlu ditera ulang agar ukurannya atau takarannya tepat. Hal itu juga diterapkan dengan timbangan para pedagang di pasar. Sehingga konsumen, benar-benar menerima yang dibelinya sesuai dengan takarannya.

“Harapannya ke depan, masyarakat bisa melek terhadap hal itu. Dan hak mereka sebagai konsumen pun terlindungi. Mohon doa semoga seluruh program yang dijalankan nantinya berjalan dengan lancar,” tuntasnya. (Zak/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya