Eks Lokasi Pasar Lawas Dijadikan Titik Nol Kilometer Pelaihari

Pelaihari, KP – Masyarakat Kota Pelaihari sebentar lagi akan mempunyai Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang bertempat Eks Lokasi Bangunan Pasar Lama dan difungsikan sebagai tempat edukasi karena rumah-rumah disekitarnya akan dijadikan cagar budaya.

Selain itu juga akan ada nama-nama tokoh pendiri Tanah Laut (Tala) dan RTH Pasar Lama akan menjadi Titik Nol Kilometer Kota Pelaihari, sehingga diharapkan bisa menjadi ciri khas dan mendatangkan wisatawan. Hal tersebut disampaikan Bupati Tala HM Sukamta sesaat setelah meninjau pembangunan RTH yang sudah 20% dikerjakan, Rabu (4/8/2021) pagi.

Lebih lanjut bupati menjelaskan bahwa rumah-rumah berciri khas yang berada disekitar RTH akan menjadi edukasi bagi anak-anak, sehingga tidak ada alasan bagi anak-anak untuk tidak mengetahui nama tokoh pendiri Tala karena disana akan dibuat nama-nama seluruh tokoh pendiri yang telah berjasa bagi masyarakat Tala.

“Tentunya ini menjadi hal yang sangat penting karena menyangkut edukasi tentang cagar budaya,” ucap bupati.

Berita Lainnya
1 dari 482

Ia juga mengatakan di RTH ini juga akan dijadikan titik Nol Kilometer di Kota Pelaihari dan menjadi sebuah wisata baru di Tala. RTH ini juga bertepatan di jalur menuju Wisata Pantai Takisung dan Batakan sehingga nantinya masyarakat yang berangkat maupun kembali dari berwisata ke pantai bisa singgah untuk menikmati titik Nol Kilometer Kota Pelaihari.

“Disini nantinya juga ada wisata kuliner, jadi selain edukasi cagar budaya disini juga dapat menikmati jajanan-jajanan sambil beristrirahat,” ucap orang nomer satu di Kabupaten Tala.

Sukamta juga berharap dengan dibangunnya RTH ini bisa menjadi ciri khas bagi masyarakat Tala, sehingga apabila di media sosial melihat foto ataupun video orang sudah bisa menebak dimana itu Kabupaten Tala dan apa saja wisata yang ada disini.

“Selama ini kita belum memiliki ciri khas di Kabupaten Tala ini, semoga dengan dibangunnya RTH yang menjadi titik Nol Kilometer bisa membuat Tala lebih dikenal dikalangan luas hingga ke mancanegara,” ucapnya.

Turut berhadir pada saat peninjuan pembangunan RTH, Komisi Tiga DPRD Kabupaten Tala serta Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan Kabupaten Tala. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya