Kadisdik Kalsel Resmikan Bangunan Baru SMAN 1 Simpang Empat

Batulucin, KP – Ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, Drs HM Yusuf Effendie, MAP, didampingi kepala sekolah SMA Negri 1 Condro Kasianto, meresmikan ruang guru, kelas dan fasilitas lainnya di SMA Negeri 1 Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis 26/8/2021.

Yusuf Effendie diacara ini mengatakan, bangunan ruang kelas baru, rehabilitasi ruang kelas dan toilet sumber dana alokasi khusus (DAK) 2020. 

“Untuk bangunan ruang guru baru dana sharing. DAK 2020 dan partisipasi orang tua siswa melalui komite,” ucap Yusuf Effendie. Menurut nya

dengan menempati gedung baru, para pengajar bisa menunaikan tugas secara maksimal di lembaga pendidikan milik Pemprop Kalsel ini.

“Dengan diresmikannya gedung baru ini, guru bisa menunaikan tugasnya dengan maksimal,” katanya. Kadisdikbud juga  mengapresiasi sumbangsih masyarakat melalui komite sekolah, berkenan memberikan sumbangan sharing pembangunan sarana dan prasarana sekolah.

“Daerah lain juga pernah ada. Namun belakangan terhambat akibat menurunnya partisipasi. Tapi di Tanah Bumbu justru meningkat,” ungkapnya.

Dijelaskannya, sumbangan dan bantuan orang tua jika sukarela diperbolehkan. Sesuai Permendikbud No 25 tahun 2016. Asal jangan pungutan saja, itu dilarang. Dikatakannya lagi, keterpaduan sekolah dan komite sangat bagus dalam percepatan pembangunan fasilitas dan infrastruktur lembaga pendidikan.

Berita Lainnya
1 dari 548

“Saya berharap, kedepan keterpaduan ini dalam rangka meningkatkan kualitas,” tandasnya.

Sementara Kepala SMA Negeri 1 Simpang Empat, Muhammad Condro Kasianto menyebutkan, sumbangsih masyarakat untuk sekolah selama ini tidak hanya untuk pembangunan sarana dan infrastruktur, tapi juga perhatian terhadap guru-guru honorer, dengan memberikan tambahan insentif honor untuk mencapai standar UMP.  Alokasi dana honorer dari Pemprov hanya Rp 2,5 juta. Sedangkan UMP berkisar Rp 2,9 juta, sehingga sisanya Rp 400 ribu ditutupi komite sekolah.

“Selama ini komite selalu mendukung, efeknya sangat positif bagi kemajuan perkembangan sekolah,” ujarnya.

Dengan dukungan komite, sambungnya, para guru tambah semangat dalam melaksanakan tugas,dan perkembangan sekolah maju pesat, sehingga mempengaruhi animo masyarakat menyekolahkan anak-anaknya di SMAN 1 Simpang Empat.

“Terbukti dengan banyaknya alumni sekolah ini yang berhasil berkarir baik tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional,” tambahnya. Condro berharap, dimomentum HUT ke 28 SMA Negeri 1 Simpang Empat ini, kian maju. Baik infrastruktur maupun akademisnya.

“Kami ingin tahun depan gedung ini juga dibangun lagi satu lantai. Sudah positif 2022 melalui DAK. Tapi jika komite ingin bantu bisa lantai 2,” pungkasnya. Bangunan yang diresmikan sebenarnya sudah rampung sejak tahun lalu. Namun karena pandemi dan kebijakan lockdown waktu itu, sehingga peresmian baru bisa diselenggarakan tahun ini. Tepat pada HUT KE 28 sekolah yang berdiri sejak 1993 silam tersebut. Sementara rangkaian peringatan HUT KE 28 SMA Negeri 1 Simpang Empat dilaksanakan secara sederhana dan menerapkan protokol kesehatan ketat, dengan undangan terbatas.  Selain dihadiri Kadisdikbud Kalsel, juga tampak Sekretaris Disdikbud Tanah Bumbu, pejabat lingkup pemkab yang merupakan alumni sekolah tersebut. 

Kegiatan juga dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada siswa berprestasi, pihak yang berjasa kepada sekolah dan guru menjelang masa pensiun. (han)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya