Kibaran Merah Putih Raksasa Rayakan HUT RI Ke-76 di Tala

Pelaihari, KP – Untuk pertama kalinya di Kabupaten Tanah Laut (Tala) perayaan HUT RI Ke-76 dirayakan dengan pengibaran bendera Merah Putih berukuran raksasa di salah satu kawasan wisata perbukitan di Tala. Kegiatan positif yang dilaksanakan oleh Organisasi Pecinta Alam Tuntung Pandang (Orpala Tupan) Meratus ini tak ayal menarik perhatian dan apresiasi Bupati Tala HM Sukamta yang hadir pada acara tersebut. Secara sederhana upacara pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa digelar dengan khidmat di Bukit Sanghyang, Desa Benua Tengah, Kecamatan Takisung, Selasa (17/8/2021).

“Kita selalu mengapresiasi kegiatan positif pengibaran bendera merah putih, apalagi ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI Ke-76 dan ukurannya pun tidak biasa, besar sekali. Tentu perlu tenaga dan waktu yang tidak sedikit dari kawan-kawan Orpala dalam persiapannya”, ujar Sukamta.

Lebih lanjut Sukamta berharap dalam momen peringatan HUT RI Ke-76 ini tidak hanya diperingati secara seremonial, namun sudah seharusnya diresapi sebagai renungan dan sebagai momentum untuk bangkit dari segala keterpurukan. Bendera Merah Putih Raksasa yang dikibarkan dengan susah payah juga dapat diibaratkan sebagai salah satu simbol perjuangan dan penghargaan kepada para pendiri bangsa.

Berita Lainnya
1 dari 486

“Kepada generasi muda, teruslah berproses menjadi manusia yang berjiwa besar, bersemangat, produktif, hargai perjuangan para pahlawan dengan melakukan segala kegiatan positif yang membangun. Di masa pandemi seperti ini kita sangat membutuhkan semangat-semangat itu untuk terus bangkit dalam menghadapi segala tantangan”, pungkasnya.

Terpisah, Ketua Orpala Tupan Meratus Sugeng Wahyudi mengungkapkan kegiatan yang dilaksanakan pihaknya tersebut adalah sebagai upaya menjaga semangat kemerdekaan di kalangan pemuda. Tak hanya dalam rangka memperingati HUT RI Ke-76, kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih Raksasa pertama kalinya di Tala ini juga sekaligus sebagai upaya mempromosikan salah satu destinasi wisata perbukitan di Tala.

“Harapan kami dengan pengibaran Bendera Merah Putih berukuran 8 meter x 7 meter ini menjadi motivasi, menumbuhkan dan menjaga semangat kemerdekaan generasi muda walaupun di tengah pandemi. Kegiatan ini juga sebagai momen mengenalkan potensi wisata yg ada di Desa Benua Tengah, yaitu Bukit Sanghyang”, tutup Sugeng Wahyudi.

Turut berhadir pada acara tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Tala H Dahnial Kifli, Camat Takisung Yudo Restanto, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Takisung, perwakilan instansi terkait, aparatur Desa Benua Tengah, perwakilan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) se-Kalimantan Selatan (Kalsel), dan perwakilan Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) se-Kalsel. (rzk/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya