Pemkab Tapin Siapkan Tiga Unggulan Program Sinovik 2021

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin, akan menyiapkan program unggulan inovasi pelayanan publik untuk di ikutsertrakan pada ajang Inovasi pelayanan publik (Sinovik) tahun 2021 yang diadakan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kementrian PANRB RI)

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah H Masyraniansyah usai mengikuti zoom meting bersama Kementrian PANRB dalam agenda Fokus Group Diskussion (FGD) Identifikasi Kesenjangan Gab Proritas Pembangunan Daerah Hub JIPP Kalimantan Selatan. Rabu (4/8/2021) bertempat Ruang Sekreatris Daerah Kantor Bupati Tapin Kawasan Rantau Baru.

Turut serta mendampingi zoom meting Kepala Bagian Organiasi Setda Tapin Nai’mah berserta jajarannya dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Achmad Ebet Riyadi.

Adapun program inovasi yang akan dibuat yaitu bidang kesehatan berkaitan stunting dan bidang Pendidikan yakni menuntaskan angka putus sekolah (APS) dan anak tidak sekolah (ATS), pencegahan pernikahan dini permintaan dari Kementrian PAN RB.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tapin H Masyraniansyah mengatakan, pemerintah daerah akan mengagendakan kembali program unggulan inovasi pelayanan publik (Sinovik) tahun 2021. Karena inovasi-inovasi dari Kabupaten di seluruh Indonesia sangat ditunggu oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat yakni Kementrian PANRB RI.

Berita Lainnya

Pengelolaan SPAN Lapor Tapin terbaik

1 dari 286

“Ada 3 (tiga) program unggulan inovasi pelayanan public (Sinovik) yang akan dimasukkan, pertama masalah kesehatan yaitu masalah stunting kedua masalah Pendidikan yakni penuntasan angkat putus sekolah dan anak tidak sekolah dan ketiga pencegahan pernikahan dini,  “ ujar Sekda.

Menurut Sekda dari tiga program unggulan tersebut, melihat dari hasil statistik anak putus sekolah dan anak tidak sekolah menurun begitu pula masalah pernikahan dini juga terjadi penurunan pad atahun 2020 sementara untuk stunting yakni pemerintah sudah memiliki program pencegahan stunting yakni dengan meluncurkan Si Dama Suka Ceting yaitu sebuah sistem informasi Dasa Wisma Supaya kita cegah Stunting.

Namun sehabis mengikuti zoom ini, pemerintah daerah kembali mengagendakan secara khusus, bersama Bagian Organisasi Setda Tapin dan Bappelibang Tapin untuk menetapkan program unggulan yang akan dimasukkan dalam ajang inovasi pelayanan public (Sinovik).

“Pemerintah akan mengevaluasi dan menetapkan program unggulan dari SKPD yang telah dibuat, untuk di masukkan pada Sinovik tahun 20201, “ ujarnya.

Tidak meuntup kemungkinan nanti ada lagi dari SKPD yang memuat inovasi bisa dimasukkan sesuai dengan dari kreteria yang dimintakan oleh Kementrian PANRB RI.

Pada ajang sinovik ini, setiap Kabupaten/kota diwajibkan mengirimkan program unggulan untuk mengikuti kompeteesi inovasi pelayayanan public atau Sinovik yang digelar oleh Kementrian PAN RB setiap tahunnya. (abd/K-6) 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya