Siaga Karhutla
Tim dan Satgas Diingatkan Tetap Patuhi Prokes

Paringin, KP – Kabupaten Balangan memastikan pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) akan dilakukan dengan maskimal meski saat ini masih ada turun hujan serta ditengah pandemi COVID – 19 masih berlangsung.

Keseriusan itu ditandai dengan apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Kabupaten Balangan Tahun 2021 di lokasi Bundaran Tugu Maritam komp perkantoran, baru baru tadi.

“Jangan lengah, meski saat ini hot spot menurun. Tim di lapangan harus terus siaga,” ungkap Bupati Balangan H Abdul Hadi.

Orang nomor satu di Bumi Sanggam ini mengingatkan kepada seluruh tim dan satgas pencegahan dan penanganan karhutla di lapangan agar tetap waspada selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokes COVID-19. 

“Lindungi diri dengan selalu memakai masker, jaga selalu kesehatan sebagai wujud bersama memutus rantai penularan wabah COVID-19 di wilayah Balangan,” tegas dia.

Hadi menegaskan, agar kepada semua pihak terutama warga masyarakat Balangan di daerah rentan karhutla untuk tidak membuka wilayah dengan cara membakar. Begitu juga dengan perusahaan jika ada yang tidak mengikuti standar dalam penyiapkan sarana dan prasarana nya dengan baik akan diberikan sanksi.

Berita Lainnya
1 dari 521

“Tentu akan ada sanksi tegas berupa sanksi pidana menanti. Mari secara bersama kita jaga alam Bumi Sanggam ini,” ajak dia.

Ia juga meminta, di masing-masing Kecamatan untuk selalu melapor data hot spot secara berkala serta melakukan evaluasi.

“Camat wajib siaga di tempat, intinya jangan anggap remeh potensi karhutlah yang tentu dapat merugikan masyarakat banyak,” ujarnya. 

Sementara itu, Kapolre Balangan AKBP Nur Khamid didampingi Dandim 1001/Amt-Blg mengatakan, hot spot di wilayah Balangan saat ini menurun, hal ini juga diperkuat dengan kondisi cuaca yang basah.

“Tentu ini tidak terlepas dari dukungan yang maksimal oleh Bupati Balangan yang sangat intens dan all out dalam upaya penanganan dan pencegahan karhutla di wilayah Balangan,” ucapnya. 

Ia menambahkan, peran serta seluruh lapisan dan warga masyarakat Balangan sangat dibutuhkan dalam upaya penanganan dan pencegahan karhutlah.

“Mari kita jaga hutan, serta tekan potensi hot spot di wilayah Balangan,” imbuhya. (srd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya