Sungai Tabuk Diharap Fokus Cegah Bencana

Banjarmasin, KP – Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK mengharapkan agar Kecamatan Sungai Tabuk fokus pada upaya pencegahan bencana alam, khususnya banjir.

“Kita menginginkan kecamatan ini fokus pada penanganan bencana banjir, karena merupakan daerah yang seringkali banjir,” kata Supian HK pada Sosialiasi Perda Nomor 6 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Penangulangan Bencana di Kalsel, akhir pekan lalu.

Apalagi bencana banjir pada awal 2021 lalu tergolong parah, karena merendam kawasan Sungai Tabuk dan merusak pertanian, perikanan maupun infrastruktur. “Kita harapkan bencana seperti ini tidak terulang kembali,” ujar politisi Partai Golkar.

Supian HK mengatakan, pemangku kebijakan di level provinsi, kabupaten sampai kecamatan harus saking bersinergi untuk fokus pada upaya pencegahan.

Berita Lainnya
1 dari 3.546

“Agar bencana yang pernah melanda di hampir seluruh kabupaten kota Kalsel tersebut tidak terulang kembali di masa mendatang,” tambah Supian HK.

Ditambahkan, untuk skala kecamatan, upaya pencegahan bisa dilakukan dengan himbauan ke masyarakat permukiman, untuk membuat rumah dengan tipe rumah panggung, supaya air hujan yang turun bisa dialirkan dan diserap dengan baik.

Selain itu, penanaman pohon–pohon di area permukiman dapat membantu penyerapan, apabila debit air mulai meningkat. “Juga normalisasi sungai–sungai yang ada di Kecamatan Sungai Tabuk untuk mengurangi resiko terjadinya bencana,” ungkap wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel V, meliputi Kabupaten Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong.

Camat Sungai Tabuk Ahmad Rabani mengatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada ketua DPRD Kalsel, karena sudah berkenan hadir di Kecamatan Sungai Tabuk.

“Kita akan menyosialisasikan Perda Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana ini kepada masyarakat,” kata Rabani. (lyn/K-3)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya