Iklan
Iklan
Iklan
Hulu Sungai Selatan

TPS3R Jembatan Merah Diharap Kurangi Sampah Masuk TPA

×

TPS3R Jembatan Merah Diharap Kurangi Sampah Masuk TPA

Sebarkan artikel ini
WABUP HSS - Syamsuri Arsyad mengunjungi TPS 3R Jembatan Merah. (KP/Ist)

Kandangan, KP – Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, melakukan melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) proyek pembangunan infrastruktur, Rabu (4/8/2021) pagi.

Ia mengunjungi lokasi pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) Jembatan Merah, di Desa Jembatan Merah, Kecamatan Padang Batung.

Android

Syamsuri Arsyad menjelaskan, pembangunan TPS 3R itu merupakan salah satu program dari Dispera KPLH Kabupaten HSS, yang mendapat bantuan dari pemerintah pusat.

Adanya TPS 3R itu diharapkan, penumpukan sampah di Kecamatan Padang Batung bisa dikelola dengan sebaik-baiknya. Sehingga, sampah yang masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) menjadi berkurang.

Melalui TPS 3R sebagian sampah bisa dicacah, dan diolah menjadi kompos yang tentunya bernilai ekonomis.

Selain itu tambahnya, penting pula tetap memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memilah sampah dari rumah. Sehingga petugas sampah lebih efektif waktu, tenaga dan pemilahannya bisa lebih cepat.

Kemudian, Syamsuri Arsyad mengunjungi jalan lingkungan di Desa Durian Rabung, yang menghubungkan beberapa desa. Jalan sepanjang 870 meter tersebut menjadi akses bagi masyarakat, anak-anak sekolah, untuk usaha tani dan sebagainya.

Syamsuri Arsyad juga meninjau pembangunan ulang jembatan di Jalan Pauh-Kalinduku, Desa Telaga Sili-Sili, Kecamatan Angkinang, yang sebelumnya rusak parah.

Jalan tersebut merupakan akses pedesaan, yang bahkan menghubungkan Kecamatan Kandangan, Angkinang, Telaga Langsat dan Padang Batung.

“Alhamdulillah ini dibangun sangat permanen dengan standar yang cukup kuat,” ujarnya.

Ia berharap, hal itu dapat memudahkan akses pedesaan, terutama dimanfaatkan oleh masyarakat dalam membawa hasil pertanian.

Monev itu turut diikuti Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda HSS Sasmi Rifani, Kepala Dispera KPLH Ronaldy Prana Putra, dan Kepala Bagian Pengadaan Barang Jasa Setda Mahyuni. (tor/K-6) 

Iklan
Iklan