Utuh dan Aluh HSS 2021 Terpilih Momentum Lestarikan Budaya Daerah

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan grand final pemilihan Utuh-Aluh HSS 2021, Senin (23/8/2021) sore di Gedung Pramuka Jalan Mawar Kandangan.

Sebanyak enam pasang finalis, menampilkan kemampuan terbaiknya dalam kegiatan yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan, dan disiarkan melalui media sosial youtube itu.

Hasilnya, kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten HSS itu, menobatkan Nawaz Syarif sebagai Utuh dan Nor Baiti sebagai Aluh HSS 2021. 

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad mengatakan, ajang pemilihan Utuh dan Aluh diharapkan menjadi salah satu upaya menjaga dan melestarikan nilai-nilai adat dan budaya daerah. Sebab perlu disadari bersama, Kabupaten HSS memiliki keanekaragaman tradisi dan budaya.

Syamsuri berujar, tidak semua masyarakat mengetahui tradisi dan budayanya. Tradisi atau kebiasaan masyarakat kini, makin hilang dan pudar tergeser oleh budaya barat, hedonisme, serta gempuran teknologi informasi yang makin masif.

“Sedikit sekali, generasi muda yang mampu menyerap budaya serta tradisinya,” tuturnya.

Berita Lainnya
1 dari 574

Hal itu terangnya, menjadi kekhawatiran sekaligus perhatian bersama untuk mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.

Ia berharap, kegiatan itu menjadi momentum untuk mengajak dan mengajarkan generasi muda di HSS, agar lebih mengetahui dan memahami tentang adat, budaya, serta kearifan lokal. 

Serta, menjadi wadah untuk melestarikan nilai-nilai budaya daerah, sekaligus mengembangkan dan mempromosikan potensi daerah beserta seni budayanya.

“Saya berpesan, keikutsertaan di ajang pemilihan ini selain sebagai upaya melestarikan budaya daerah, juga untuk pengembangan potensi bakat, kreatifitas dan kecerdasan para generasi muda,” ucapnya.

Syamsuri juga berharap, kegiatan itu tidak hanya menjadi rutinitas. Pun demikian keberadaan Utuh dan Aluh, bukan sekadar penghias dalam berbagai acara. 

“Hendaknya terus dilakukan perbaikan dan pengaturan program bagi para Utuh dan Aluh, agar setelah selesai menjadi Utuh dan Aluh masih dapat memberikan sumbangsihnya dalam pembangunan bagi daerah,” imbaunya. (tor/K-6) 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya