Wagub Kalteng Hadiri Peluncuran Sistem Online Single Submission Berbasis Risiko

Palangka Raya, KP – Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo hadiri Peresmian Peluncuran Sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko di Kementerian Investasi/BKPM, secara virtual dari Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (9/08).

Sistem OSS Berbasis Risiko diluncurkan secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo yang merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Semakin rendah tingkat risiko berusaha, maka semakin mudah perizinan berusahanya. OSS Berbasis Risiko wajib digunakan oleh pelaku usaha, kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. Sistem yang terintegrasi secara elektronik akan memberikan kepastian, kemudahan, kecepatan dan (transparasi bagi pelaku usaha.

Presiden Joko Widodo mengemukakan pandemi tidak boleh mengehentikan upaya untuk melakukan reformasi struktural. Berbagai agenda reformasi struktural akan terus dilanjutkan. Prosedur berusaha dan investasi akan terus dipermudah.

Kita ingin iklim usaha di Negara kita berubah makin kondusif. Memudahkan usaha mikro, usaha kecil, menengah untuk memulai usaha, meningkatkan kepercayaan investor untuk membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya, papar Presiden

Berita Lainnya
1 dari 568

Sehingga menjadi solusi atas persoalan pengangguran yang bertambah akibat dampak pandemi, tambahnya.

Kegiatan diisi penandatangan Nota Kesepahaman antara Menteri Keuangan dan Menteri Investasi/Kepala BKPM tentang Kerja Sama Optimalisasi Penerimaan Negara, peningkatan Realisasi Penanaman Modal serta Penguatan Kelembagaan.

Sementara itu, Wagub H. Edy Pratowo saat ditemui usai menghadiri peluncuran Sistem OSS Berbasis Risiko mengatakan menyambut baik Sistem OSS Berbasis Risiko ini.

Melalui OSS ini para pengusaha semakin dipermudah dalam mengajukan perizinan, mengurus ijin berusaha menjadi lebih simpel”, tutur Wagub.

OSS berbasis risiko merupakan aplikasi/portal satu pintu perizinan yang mencakup perizinan di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Kementerian/Lembaga dan Kementerian Investasi. (drtk-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya