Warga Tabalong Isoman, Pemerintah Bantu Suplemen dan Vitamin

Tanjung, KP – Diharapkan dapat meningkatkan imunitas tubuh bagi warga Kabupaten Tabalong yang melakukan Isolasi Mandiri (Isoman) akibat terpapar Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) pemerintah setempat akan memberikan bantuan suplemen dan vitamin.

Hal itu, sebagaimana diungkapkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tabalong H Yuhani S.Ag S.Pd SD, M.Si, belum lama tadi di Tanjung.

Menurut Yuhani, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat dan para camat terkait data. 

“Kita sudah meminta data dengan semua Camat, termasuk juga Dinas Kesehatan selalu mengupdate data, dari penambahannya berapa dan tempatnya dimana. Kemudian, Camat juga sudah memberikan data kepada kami,” ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 288

“Mereka yang mengambil langkah Isoman, nantinya akan mendapat perhatian dari pemerintah berupa obat-obatan dan vitamin, dengan itu mudah-mudahan dapat menambah imun mereka agar lebih baik. Sebab, jika mereka membeli sendiri ada kemungkinan tidak pas. Oleh karena itu Pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan akan menyiapkan itu,” papar Yuhani.

Dalam kesempatan itu, Yuhani juga mengungkapkan bahwa terkait kebutuhan makanan untuk warga yang sedang melakukan Isoman di desa, akan dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). 

“Karena sudah disebutkan dalam instruksi Menteri Dalam Negeri, bahwa mereka yang isoman karena Covid-19, itu diharapkan dianggarkan dalam APBDes,” ujarnya.

“Kami juga sudah melakukan kontak semua pemerintah setempat, bahwa mereka sudah menganggarkan dan membagikan untuk makan, sembako dan sebagainya,” ujar Yuhani.

Selebihnya, Yuhani mengungkapkan karena minimnya anggaran untuk kelurahan dan hal ini yang menjadi perhatian khusus dari pemerintah daerah.

Dari pantauan KP di lapangan, terjadi kenaikan angka positif Covid-19 di Kabupaten Tabalong beberapa waktu lalu, sehingga pasien khususnya di RSUD HBK terpaksa sebagian pasien bertempat di gang-gang, sehingga banyak yang memilih melakukan Isoman, dan Pemerintah Kabupaten Tabalong melakukan penambahan Bed, namun berdasarkan data yang dirilis oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tabalong, angka kesembuhan pasien Covid-19 akhir-akhir juga meningkat. (ros/K-6)
 

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya