Bupati Tapin Resmikan Underpass, Pertama di Ruas Jalan Kabupaten

Rantau, KP – Bupati Tapin HM Arifin Arpan meresmikan underpas Lingkar Binaung Pertama berada ruas jalan berstatus Kabupaten Tapin di Jalan Kelurahan Karangan Putih Kecamatan Binuang. Senin (6/9/2021) kemarin.

Peresmian underpass ditandai dengan memencet tombol sirene secara bersama-sama Bupati Tapin HM Arifin Arpan, Tokoh Masyarakat Binuang HM Zaini Mahdi Bsc (H Izai), HM Hatta (H Ciut), Deriktur PT BGM Blok 2 Abdul Aziz Noor, Sekda Tapin H Masyraniansyah, Dandim 1010 Rantau Letkol Inf Andi Sinrang, Kepala Dinas PUPR Tapin H Yustan Azidin, H Rehan Variza. Selanjutnya penandatangan prasasti oleh Bupati Tapin.

Derikutur PT BGM Blok 2 Abdul Aziz Noor mengatakan, pembangunan underpass ini, komitmen perusahaan, dimana kita tidak ingin untuk mengurangi dampak sosial daripada operasional angkutan batu bara dan menghibahkan satu buah proyek yakni pembangunan underpass.

“Nilai investasi pembangunan underpass sebesar 26 Milyar yang bersumber dari Corporate Sosial Responsibility PT Binuang Mitra Bersama Blok 2,“ katanya.

Berharap dengan dibangunnya underpass lalu lintas dijalan tidak terganggu dan warga masyarakat tidak tergangu dari angkutan batubara.

Kepala dinas PUPR H Yustan Azidin mengatakan underpass ini dibangun tepat pada ruas jalan kabupaten yaitu ruas lingkar binuang dengan panjang 220 meter dan lebar 10 Meter dengan jenis jembatan girder komposit klas A.

“Ruas jalan ini juga dijadikan jalan strategis provinsi kalimantan selatan, sehingga apabila nantinya akan dijadikan ruas jalan provinsi maka adanya pembangunan jembatan underpass tidak mengganggu bagi masyarakat pengguna jalan ini,“ ujarnya.

Berita Lainnya
1 dari 283

Pembangunan jembatan ini yang merupakan underpass pertama yang dibangun perusahaan di ruas jalan kabupaten. Berharap perusahaan perusahaan lain yang menggunakan perlintasan jalan kabupaten dapat melakukan hal yang sama dengan membangun underpass.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan dirinya bangga dan mengapresiasi pihak PT BMB blok dua yang telah membangun underpass di ruas jalan kabupaten, karena pembangunan underpass ini pertama berdiri di ruas jalan Kabupaten Tapin yang dibangun pihak perusahaan, sebelumnya dibangun diruas jalan nasional atau ruas jalan provinsi.

“Atas nama pemerintah daerah, saya sangat bangga karena underpass ini menjadi yang pertama dibangun di ruas jalan Kabupaten,” Ucapnya.

Dengan adanya jembatan ini nantinya sebagai perlintasan angkutan batubara tidak mengganggu arus lalu lintas bagi pengguna jalan dan memudahkan warga masyarakat melintas.

Pada kesempatan ini saya meminta kepada pihak perusahaan agar dapat menghiasi disekitar underpass dengan penerangan lampu yang memadai maupun penghijauan seperti menanam pohon kembang sehingga keberadaan jembatan terliaht indah.

“Saya berpesan kepada perusahaan agar dapat menerangi jalan dan jembatan sehingga masyarakat dapat lebih nyaman saat melintas,” pinta Bupati.

Selanjutnya kata Bupati juga kepada perusahaan – perusahaan lainnya yang perlintasan batubara masih menggunakan jalan Kabupaten saat melintas agar dapat segera membangun underpass atau pul flyover pada perlintasan jalan Kabupaten yang mereka gunakan.

Usai meresmikan dan penandatangan prasati diakhiri dengan berdoa bersama di pimpin oleh Tuan Guru Muda H Ahmad Barmawi atau Guru Kulur. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya