Dinas PMD Gelar Lomba Inovasi Tegnologi Tepat Guna

Rantau, KP – Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Kabupaten Tapin tahun 2021. Dipusatkan di Aula Pertanian Terpadu Bypass Rantau, Kamis (17/9/2021) kemarin.

Sebanyak 11 Peserta dari perwakilan desa, kelurahan dan sekolah mengikuti dalam Inovasi Tegnologi Tepat Guna menampikan berbagai macam alat tegnologi yang bermanfaat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tapin, Rahmadi, mengatakan, kegiatan lomba inovasi tegnologi tepat guna dalam rangka menggali potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada di desa kelurahan di Kabupaten Tapin dan bermanfaat serta ramah lingkungan.

“lomba ini mencoba menggali potensi di desa yakni inovasi tegnologi, selain pembangunan infrastruktur sehingga kedepan dapat berguna dan dimanfaatkan,’’ tuturnya.

Apalagi sekarang ini ada alokasi dana Desa yang harus dimanfaatkan dan dimaksimalkan terutama untuk menambah penghasilan masyarakat, melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) maupun Pos Pelayanan Teknologi Desa (Posyantekdes) sesuai amanah undang-undang.

Ditambahkan mantan Kabag Perlengkapan ini, inovasi tegnologi tepat guna kedepan di masyarakat sangat diperlukan. Namun secara berkelanjutan di gali dan dilloombakan, kalau ada yang layak tentunya di dapat di tindaklanjuti kedepan untuk dibuat lebih banyak lagi.

Berita Lainnya
1 dari 295

“Lomba ini sebagai upaya mengkomunikasikan dan mempercepat penerapan dan pemanfaatan TTG oleh masyarakat, mendukung pengelolaan sumberdaya yang ada di desa,’’ ujarnya.

Berharap inovasi tegnologi tepat guna yang ditampilkan oleh desa kelurahan dapat bermanfaat dan digunakan secara terus menerus, kemudian bagi yang belum berhasil tentunya dapat berkreasi kembali membuat inovasi baru, tetapi yang belum masuk bisa dimanfaatkna untuk diri sendiri.

Sementara Kabid Pembangunan dan Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif pada Dinas PMD, Iwan Satriayansyah melaporkan, lomba inovasi tegnologi tepat guna dikuti sebanyak 11 peserta perwakilan dari desa kelurahan dan sekolah di Kabupaten Tapin.

Peserta terbaik diam,bil sebanyak 6 peserta yaitu juara 1 sampai 3 dan harapan 1 dan 3 dengan mendapatkan piala dan piagam penghargaan dari pemerintah serta uang pembinaan.

“Untuk terbaik pertama berhak mengikuti pada ajang yang sama di tingkat Provinsi Kalimantan Selatan mewakili Kabupaten Tapin,’’ ujarnya.

Pada kegiatan lomba ini terselenggara Kerjasama Pemerintah Kab Tapin melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dengan Bank Kalsel. (abd/K-6)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya