Gandeng BAZNAS Kalsel, ACT Kalsel Luaskan Aksi Borong Dagangan

BANJARMASIN, KP – Aksi borong dagangan yang saat ini digalakkan oleh Aksi Cepat Tanggap Cabang Kalimantan Selatan (ACT Kalsel) mendapat perhatian penuh dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal inilah yang mendorong Baznas Provinsi Kalsel untuk ikut serta dalam meluaskan manfaat dari aksi borong dagangan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) khususnya di Kota Banjarmasin, yang terdampak pandemi Covid-19 dan pembatasan kegiatan masyarakat.

Tak hanya itu, Baznas Provinsi Kalsel juga menyerahkan dana sebesar Rp 20 juta untuk mendukung aksi ini. Serah terima donasi sendiri dilaksanakan di Kantor Baznas Provinsi Kalsel di Kompleks Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Rabu (1/9/2021) lalu.

“Kita sangat mengapresiasi. Ini merupakan langkah awal kita untuk memberikan dampak yang luar biasa terhadap dana-dana yang kami kumpulkan dari masyarakat,” ucap Saddam Nur Hidayat, Wakil Kepala Pelaksana Baznas Provinsi Kalsel.

Ditambahkan Saddam, di masa pandemi Covid-19 diperlukan langkah yang lebih cepat. Salah satunya dengan kolaborasi bersama Baznas Provinsi Kalsel dengan ACT Cabang Kalsel. Sehingga kebermanfaatan untuk pelaku UMKM semakin luas.

“Kolaborasi awal antara kita dengan ACT Cabang Kalsel yaitu membantu pelaku UMKM yang terdampak pandemi. Sehingga kami berikan permodalan, dan kita beli barang-barang yang mereka jual. Selanjutnya kita bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, sehingga dampaknya semakin luas,” jelasnya.

Saat ini, sebut Saddam, sasaran aksi borong dagangan kali ini akan menargetkan pelaku UMKM di Kota Banjarmasin. Karena diakuinya, sebagian besar pelaku UMKM berada di Kota Banjarmasin. Kendati demikian, ia tidak menampik aksi borong dagangan ini juga akan dilaksanakan di beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Kalsel. “Jika aksi ini berhasil, Bismillah kita akan coba di Kalsel. Kita coba bertahap terlebih dahulu,” tegas Saddam.

Dalam aksi borongan sendiri, baik dari Baznas Provinsi Kalsel dan ACT Cabang Kalsel akan berkolaborasi bersama di lapangan. Sehingga, optimalisasi zakat yang dihimpun oleh Baznas Provinsi Kalsel akan terwujud.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin menyambut baik kolaborasi bersama ACT Cabang Kalsel dan Baznas Provinsi Kalsel ini. Di mana, kolaborasi ini diharapkan dapat meluaskan manfaat dari aksi borong dagangan di bawah bendera program Borongin Dagangannya, Tambahin Modalnya ini.

“Kolaborasi bersama ACT Cabang Kalsel dan Baznas Provinsi Kalsel ini merupakan wujud kepedulian bersama terhadap para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Diharapkan dengan adanya kolaborasi ini, semakin banyak pelaku UMKM yang mendapatkan manfaat dari aksi borong dagangan ini,” imbuh Zainal. (KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya