Gubernur Kalteng Kuncurkan Bantuan untuk Korban Banjir

Pemerintah Provinsi Kalteng terus mengupayakan penanganan dampak bencana banjir di Kabupaten/Kota terdampak banjir, melalui beberapa langkah, diantaranya membangun tenda dan dapur umum dan mengucurkan bantuan sosial.


PALANGKA RAYA, KP — Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran kucurkan bantuan sosial bagi masyarakat terdampak bencana banjir di Halaman Kantor Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK), Kota Palangka Raya pada Senin (6/9/).

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadan Kebakaran Provinsi Kalteng, banjir terjadi di sejumlah Kabupaten/Kota. Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan 11 Kabupaten/Kota dilanda banjir.

Banjir merendam rumah dan infrastrukur jalan, sehingga masyarakat terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman, amibatnya mereka tak bisa berusaha, dan terancam sakit selama di penampungan sementara.

Pemerintah Provinsi Kalteng terus mengupayakan penanganan dampak bencana banjir di Kabupaten/Kota terdampak banjir, melalui beberapa langkah, diantaranya membangun tenda dan dapur umum dan mengucurkan bantuan sosial.

Dalam arahannya, Gubernur Sugianto Sabran telah meminta kepada Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadan Kebakaran Provinsi Kalteng untuk menginventarisasi daerah-daerah terdampak banjir.

Hari ini, kita menyalurkan bantuan untuk saudara-saudara kita yang kena musibah terdampak banjir, yaitu tadi ada 11 Kabupaten/Kota, ada 49 Kecamatan, dan 250 Desa/Kelurahan, papar Gubernur. “Saya sudah perintahkan petakan segera,” tambah Gubernur

Berita Lainnya
1 dari 927

Ia juga menginstruksikan kepada Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalteng Erlin Hardi untuk berkoordinasi menyiapkan langkah strategis dengan Kepala Badan Penanggulanga Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten/Kota dalam menangani bencana banjir.

“Saya minta kepada Kepala BPBPK (Provinsi Kalimantan Tengah) Erlin supaya koordinasi dengan BPBD Kabupaten/Kota untuk supaya menyiapkan langkah-langkah strategis,” ujar Gubernur.

Dikemukakan penyaluran bantuan sosial tahap awal disalurkan ke Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berupa kebutuhan pokok.

Yang pertama “kita akan memberangkatkan awal untuk Kabupaten Kotim, bantuan beras dan Sembako yang lainnya termasuk untuk ibu-ibu hamil dan makanan kecil untul anak-anak,” ungkap Gubernur Sugianto Sabran.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kalteng Erlin Hardi melaporkan bantuan ini merupakan tahap awal bantuan sosial yang akan didistribusikan.

Pada kesempatan ini akan didistribusikan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak 3.000 paket bantuan. Bantuan ini merupakan tahap awal dan akan dilanjutkan dengan Kabupaten lain yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangannya,” terang Erlin Hardi.

Pada kegiatan tersebut Gubernur, didampingi Wakil Gubernur Edy Pratowo, Pelaksana Tugas Kepala Pelaksama Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadan Kebakaran Erlin Hardi, serta Kepala Perangkat Daerah terkait lainnya. (drt/k-10).

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. TerimaSelengkapnya